Pemuda dan Olahraga Tanggung Jawab Bersama

Pemuda dan Olahraga Tanggung Jawab Bersama

  Rabu, 20 April 2016 09:21
SERAH BANTUAN: Pihak Bank Kalbar menyerahkan bantuan pakaian pertandingan kepada Bupati Ketapang Martin Rantan SH, untuk laga Bupati Cup Mei 2016 mendatang. (kanan) Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan dari Bank Kalbar tersebut kepada panitia pelaksana dengan diwakili, H Hamimzar Yahya SIP. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Kejuaraan  sepakbola Bupati Cup Tahun 2016  yang semula diagendakan terselenggara pada April tahun ini, berubah menjadi Mei mendatang. Kepastian penyelenggaraan tersebut terungkap dalam rapat panitia pelaksana bersama Bupati Ketapang serta pihak sponsor di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (18/4) malam.

“Saya ucapkan terima  kasih kepada panitia yang telah mengagendakan pertandingan ini,” ujar Bupati Ketapang Martin Rantan SH didampingi H Hamimzar Yahya SIP dari panitia pelaksana kejuaraan. Dalam rapat yang dihadiri perwakilan KONI, event organizer, Dinas Budparpora, Kabag Humas, Pol PP, Kabag Keuangan, dan lain-lain tersebut, dibahas mengenai pembiayaan, susunan kepanitiaan, dan hal-hal lain. Selain itu dilakukan juga penyerahan secara simbolis bantuan pakaian melalui CSR Bank Kalbar kepada Bupati, yang selanjutnya dari Bupati menyerahkan kembali kepada H Hamimzar Yahya selaku panitia pelaksana.

Walaupun minat sepakbola Ketapang cukup tinggi, namun dalam penyelenggaraan pertandingan ini, Bupati meminta supaya jumlah peserta dibatasi. Pembatasan tersebut dimaksudkan Bupati agar dalam pelaksanaanya nanti bisa dituntaskan sebelum Ramadan tahun ini. Setiap kesebelasan dari kecamatan diminta Bupati agar mengirim tim mereka. Bupati juga berharap agar kejuaraan ini secara tidak langsung menyeleksi para pemain berbakat daerah ini. Pemain yang berbakat diharapkan dia dapat direkrut memperkuat tim Kabupaten Ketapang. “Kita mengakui, dalam beberapa tahun belakangan ini prestasi olahraga kita (Ketapang, Red). Dahulu kita masih punya nama, tapi kondisi sekarang malah dirasakan mundur,” aku Martin.

Mantan  anggota DPRD Kabupaten Ketapang dan DPRD Provinsi Kalbar ini berharap agar ke depan, prestasi olahraga Ketapang bisa dipacu kembali. Apalagi, ia merencanakan dalam pemerintahannya akan ada perubahan SOPD baru. Dia berjanji akan menjadikan Bidang Pemuda dan Olahraga di Dinas Budparpora menjadi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ketapang. Dengan begitu diharapkan dia agar  pembinaan terhadap KONI maupun induk cabang olahraga akan semakin serius. Di samping, dia yakin akan semakin memudahkan koordinasi antara kabupaten, provinsi, hingga pusat. Sebab, jika dipertahankan dengan status bidang pada sebuah dinas yang tergabung dengan kepariwisataan dan kebudayaan, dia khawatir akan menyulitkan masuknya bantuan dari pusat ke daerah. Bupati juga berharap agar pembinaan olahraga bisa mengembalikan prestasi Ketapang di Porprov maupun PON. “Selama ini jujur saya melihat, mungkin karena kurang pembinaan, kalaupun ada yang berprestasi, selama ini  khusus  hanya  bidang tertentu  saja,”  lanjutnya.

Ia melihat saat ini banyak cabang olahraga yang prestasinya kurang menonjol. Sementara, di sisi lain, ancaman bahaya narkoba pun dikhawatirkan dia semakin banyak. Bahkan, disebutkan dia, telah menjadi pemberitaan sehari-hari ketika mendapati anak-anak ada yang menghisap lem. “Kondisi pemuda sebagai generasi bangsa seperti ini menjadi tanggungjawab kita semua,” aku Bupati lirih. 

Sementara itu, Hamimzar Yahya dari kepanitiaan mengungkapkan bahwa even sepakbola yang direncanakan mereka akan berlangsung pada bulan Mei. Diprediksi dia, laga tersebut akan berakhir dua hari sebelum Ramadan.

Sepakbola, diakui dia, memang olahraga yang paling merakyat se-Indonesia. Persiapan yang dilakukan mereka bahkan sudah sekitar 90 persen di lapangan. Dalam pertemuan  tersebut mereka juga mematangkan susunan kepanitiaan. Disebutkan mantan Kepala Bagian Humas tersebut jika pertandingan bakal diikuti sekitar 64 tim. Disebutkan dia kembali jika laga berlangsung sepanjang 1 Mei – 4 Juni.

Digambarkan dalam persiapan pembukaan dilakukan tarian kolosal (100 penari), drum band, dan penutupan pembukaan menyugugkan yanyian lagu Tanah Airku. Pada saat pembukaan akan dilakukan satu pertandingan pembukaan. Dalam rapat tersebut terdapat juga masukan-masukan dari sejumlah kalangan baik dari Kabid Pemuda dan Olahraga Saiful Zalid, dari perwakilan PSSI, dan lain-lain. (ser)

 

Berita Terkait