Pemprov Apresiasi Kebijakan Pusat

Pemprov Apresiasi Kebijakan Pusat

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:59
BERBINCANG: Gubernur Drs Cornelis, MH berbincang dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo usai acara sosialisasi.

Berita Terkait

 

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis, MH  menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2016 tentang  Perangkat Daerah. 

Peraturan yang baru lahir ini  dinilai akan membawa perubahan  signifikan terhadap  pembentukan  perangkat daerah, yakni dengan prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran (rightsizing) yang berdasarkan beban kerja sesuai dengan kondisi nyata di masing-masing daerah.

“Hal ini juga  sejalan dengan  prinsip penataan organisasi perangkat daerah yang rasional,” kata Cornelis usai mengikuti Sosialisasi PP Nomor 18 Tahun 2016 di Hotel Mercure Convention Centre, Ancol Jakarta, Jumat (5/8).

Menurut Cornelis, prinsip ini akan membawa perubahan perangkat daerah ke arah yang lebih profesional, efektif dan efisien yang didasarkan  pada asas efisiensi, efektivitas dengan pembagian habis tugas, rentang kendali, tatakerja yang jelas, dan fleksibilitas urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

Penetapan PP tersebut dinilainya akan memberikan arah dan pedoman yang jelas  kepada daerah dalam menata perangkat secara efisien, efektif dan rasional sesuai dengan kebutuhan nyata dan kemampuan masing-masing. Aturan ini pun memuat adanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi dan  komunikasi  antara pusat dan daerah.

Sementara itu , Menteri Dalam  Negeri, Tjahjo Kumolo yang membuka sosialisasi mengatakan, pemerintah akan memperbaiki segala peraturan, sehingga dalam memberikan pelayan kepada publik, pemerintah daerah tidak dipersulit.

Menurutnya, sosialisasi ini dimaksudkan guna memberikan pemahaman  yang sama  dan kesatuan langkah  dalam  mengimplementasikan  peraturan  pemerintah  sekaligus mensinergiskan dengan kebijakan perencanaan penganggaran tahun 2017.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo juga meminta segenap kepala daerah untuk memberikan dan meningkatkan  pelayanan yang mudah kepada masyarakat. Ia pun mengingatkan seluruh kepala daerah untuk mempersiapkan lembaga inovasi daerah dengan baik, dan menetapkan kebijakan serta program-program sesuai dengan kewenangan kepala daerah.

Acara sosialisasi ini antara lain diisi dengan pemaparan dari beberapa narasumber diantaranya Mendagri,  Dirjen Otonomi Daerah dan Tim Teknis Dirjen Pembangunan Daerah, Dirjen Keuangan Daerah dan Kepala BKN. (Humas Prov)

Berita Terkait