Pemkab Kubu Raya Raih Sejumlah Penghargaan

Pemkab Kubu Raya Raih Sejumlah Penghargaan

  Senin, 21 December 2015 11:40
BERSAMA SKPD: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali berfoto bersama Dahlan Iskan dan sejumlah kepala SKPD Kubu Raya usai menghadiri malam anugerah Otonomi Award 2015.

Berita Terkait

BELUM dua tahun memerintah Kubu Raya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali dinilai mampu mengoptimalkan pelayanan publik dan secara bertahap membangun kabupaten termuda di Kalbar ini, sehingga mengantarkan Kubu Raya menjadi kabupaten terbaik pertama dari 32 kabupaten se Indonesia kategori peringkat kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia pada (16/12) lalu.

 
Sebelumnya pada Jumat (11/12) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memberikan penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2015 kepada Kabupaten Kubu Raya.  Selain itu pada ajang Otonomi Award 2015 (17/12) Kubu Raya juga mendapat penghargaan sebagai kabupaten dengan pemerataan ekonomi terbaik dan penghargaan Gold Kategori Ekonomi.
Sebelumnya pada (3/7) Kubu Raya juga mendapatkan penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan keuangan daerah tahun anggaran 2014, yang dilakukan oleh BPK RI. “Alhamdulillah belum lama ini Kubu Raya ada beberapa penghargaan yang diraih Pemkab Kubu Raya. Sejumlah penghargaan atau prestasi yang telah diraih ini tentunya bukan hanya kinerja saya, namun juga merupakan hasil kerja keras semua SKPD dan jajaran Pemkab Kubu Raya,” katanya.

Pria yang pada 27 November 2015 mendapat anugerah PGRI Award dari Pemprov dan PGRI Kalbar pada puncak HUT ke-70 PGRI ini mengharapkan serangkaian prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa menjadi motovasi bagi semua jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk terus bekerja keras dan memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat luas.
Untuk mendorong semangat kerja jajarannya, orang nomor satu di Pemkab Kubu Raya ini mengaku belum lama ini telah berkoodinasi bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus dan Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo untuk menghitung alokasi anggaran yang ada.

“Kalau memang nantinya ada kelebihan anggaran atau sejenisnya, akan saya upayakan untuk memberikan reward atau penghargaan bagi setiap kepala SKPD yang mampu terus meningkatkan kinerja dan prestasinya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Namun rencana saya ini masih sedang ditelaah. Tetapi tidak menutup kemungkinan reward ini akan terealisasi,” ungkapnya.

Sejumlah upaya yang dinilai telah mendorong Pemkab Kubu Raya mampu meningkatkan pelayanan publik, kata Rusman Ali seperti dengan adanya komitmen kuat pihaknya untuk membangun dan meningkatkan kualitas jalan poros di Kubu Raya. “Dengan semakin berkualitasnya jalan, maka masyarakat akan semakin mudah untuk bepergian ke daerah lainnya untuk menjual hasil alam yang dimiliki dan melakukan beragam aktivitas ekonomi lainnya,” paparnya.

Pemkab Kubu Raya juga mendorong adanya pelayanan terpadu identitas hukum, seperti pengesahan pernikahan oleh Pengadilan Agama terhadap pasangan yang menikah secara siri, penerbitan akta nikah oleh Kantor Urusan Agama dan penerbitan akta lahir oleh Disdukcapil. Pelayanan terpadu identitas hukum itu sendiri merupakan salah satu kerjasama Pemkab Kubu Raya dengan Pengadilan Agama Negeri Mempawah dan sejumlah instansi lainnya.

Upaya lain dilakukan dalam meningkatkan pelayanan publik, yaitu dengan mencari pemimpin SKPD berkuliatas yang memang berkomitmen membangun Kubu Raya menjadi lebih baik. “Salah satu langkah awal saya lakukan, seperti dengan mulai menerapkan porses lelang jabatan untuk mencari tiga calon pemimpin pratama yang akan menempati posisi kepala dinas dan badan di Pemkab Kubu Raya, masing-masing di Kadis Pendapatan Daerah, dan kepala BPMPT, dan kepala BLH.(**)

NARASI: ASHRI ISNAINI
FOTO: HUMAS PEMKAB KUBU RAYA

 

Berita Terkait