Pemijahan Ikan Sungai

Pemijahan Ikan Sungai

  Kamis, 5 November 2015 08:33
JEMUR IKAN: Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dan sungai dan danau Sentarum, Kapuas Hulu kebanyakan dijadikan ikan kering (asin). Belakangan, spesies ikan-ikan andalan seperti belidak, semah dan ulang uli berkurang drastis. Lidia Lilly buat Pontianak Post

KEPALA Dinas Perikanan Kapuas Hulu Ir Rismawati, mengatakan bahwa species ikan di sungai Kapuas dan danau di wilayah Kapuas Hulu sudah mulai punah. Ikan Semah, Belida, Ulang Uli, Ringau dan beberapa jenis ikan lainnya mulai sulit diperoleh.Sepuluh tahun silam, ikan-ikan itu masih mudah didapat. Kini semakin sulit, dan harganya juga sudah sangat tinggi. Salah satu penyebabnya adalah penangkapan ikan yang tak terkendali tanpa disertai budidaya.

2016 mendatang, Dinas Perikanan Kapuas Hulu berupaya lakukan pemijahan ikan belidak, semah dan ulang uli. Pemijahan ini bekerjasama dengan Balai Penelitian Budidaya Ikan Air Tawar di Bogor. Dipilihnya belidak, karena jenis ikan ini sudah mulai berkurang. Begitu dengan ikan semah dan ulang uli yang selama ini diperoleh dari alam sehingga akan dicoba pemijahan di BBI.Kerjasama ini bersama Balai Penelitian Ikan Hias dari Depok, yang merupakan Cabang dari Balai Penelitian Budidaya Ikan Air Tawar Bogor. Pemijahan ini dilakukan terhadap ikan-ikan asli Kapuas Hulu dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Seperti ikan semah perkilonya bisa mencapai Rp 1-2 juta.‘’Apalagi bila dipasarkan ke Malaysia. Harga di sana cukup mahal,’’ ujarnya. (aan)