Pemenang IMWA Harus jadi Contoh

Pemenang IMWA Harus jadi Contoh

  Kamis, 14 April 2016 09:40
IMWA: Gubernur Kalbar Cornelis didampingi isteri, Frederika Cornelis bersama KJRI Kuching, Dirjen Kemenaker, perwakilan dari Pemerintah Malaysia serta IMWA. HUMAS FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis meminta pemenang Indonesia Migrant Workers Award (IMWA) dapat menjadi contoh bagi tenaga kerja lain yang bekerja di negara lain. Sebagian pemenang berasal dari Kalbar.

“Ini menunjukkan bahwa tenaga kerja asal Kalbar bisa menunjukkan kinerja yang baik,” ujar Cornelis saat menghadiri IMWA di Kuching, Malaysia, Minggu (10/4). 

Acara tersebut dihadiri Konsulat Jendral RI dan Diaspora Indonesia di Kuching selaku pelaksana, Dirjen Kemenaker RI, perwakilan dari pemerintah Malaysia, Pemerintah Provinsi Yogyakarta, Pemerintah  Makasar, Tulungagung, Bantul, Blora, Tegal, Gunung Kidul, Pemkab Sanggau, serta pihak-pihak perusahaan bagi para pekerja, dan lainnya. 

Konjen RI Kuching bekerjasama dengan Diaspora Indonesia di Kuching memberikan berbagai penghargaan kepada buruh migran Indonesia baik di sektor industri, konstruksi dan manufaktur, serta perkebunan sawit dan perkayuan. Penghargaan ini merupakan kehormatan dan bentuk perlindungan kepada para buruh migran Indonesia yang di luar negeri. 

Menurut Cornelis, sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, banyak persoalan TKI terjadi di Kalbar. Ia berharap IMWA memberikan nuansa baru bagi para TKI untuk benar–benar memperhatikan segala peraturan yang ditetapkan oleh Indonesia maupun negara lain tempatnya bekerja. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah membuat sebuah program  pembinaan dan pelatihan bagi tenaga kerja resmi.
“Melalui prorgam ini diharapkan para TKI yang ada di Kalbar memiliki keterampilan sebelum memulai pekerjaan di luar negeri,” tuturnya. (uni)

Berita Terkait