Pembangunan Berkualitas dan Tepat Waktu

Pembangunan Berkualitas dan Tepat Waktu

  Jumat, 23 September 2016 09:30
TINJAU PEKERJAAN: Camat Sukadana, Drs Syahrial Solihin didampingi Kepala Desa Simpang Tiga, Rajali dan dari TPK diwakili Doni Suprapto meninjau pekerjaan pelebaran jalan rabat beton Dusun Parit Bugis. DANANG PRASETYO / PONTIANAK POST.

Berita Terkait

SUKADANA- Camat Sukadana, Drs Syahrial Solihin meninjau pelaksanaan pekerjaan fisik di desa-desa. Itu dilakukan guna memastikan pembangunan yang dilaksanakan di 10 desa yang ada di wilayah tersebut dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan.

 
“Kita ingin pastikan agar seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan Sukadana dapat melaksanakan pembangunan dengan tepat waktu. Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan manfaat dari pembangunan tersebut,” ujar Camat Sukadana ketika meninjau sejumlah pekerjaan fisik di Desa Simpang Tiga, belum lama ini.

Diakuinya, bahwa setiap pekerjaan di desa-desa yang ada di Kecamatan Sukadana terus ia pantau. Terlebih ketika akan mengusulkan pencairan dana tahap kedua. “Sebelum pencairan kami tandatangani, kami akan meninjau terlebih dahulu ke lapangan. Karena ini juga perintah Pak Bupati supaya kami sebagai Camat jangan hanya terima laporan di atas meja, mesti lihat di lapangan,” ujarnya.

Diingatkannya pula, bahwa Tim Pengelola Kegiatan (TPK) yang dipercaya untuk melaksanakan pekerjaan fisik di desa harus memberdayakan masyarakat setempat dalam melaksanakan pekerjaan. Hal tersebut bertujuan agar pekerjaan di desa dilakukan oleh masyarakat di desa dan manfaatnya juga untuk masyarakat di desa tersebut. “Jadi berdayakan masyarakat desa setempat dalam melakukan pembangunan,” pesannya.

 Untuk pelaksanaan fisik, diakui Camat, tiap desa boleh dibilang sudah berjalan lancar. Hanya saja, sambungnya, sedikit terlambat ketika menyangkut administrasi, seperti laporan SPJ dari kegiatan. “Masalah SPJ, kita juga selalu memberikan masukan. Karena kita bukan untuk mencari kesalahan dan lebih pada pembinaan,” tandasnya.

 Sementara Kepala Desa Simpang Tiga, Rajali menerangkan, pada tahun ini di desanya melakukan beberapa kegiatan fisik. Diantaranya menyambung pelebaran jalan rabat beton Dusun Parit Bugis, menyambung jalan Parit Sawah di Dusun Semanai, dan membangun gedung PKK Desa Simpang Tiga. Selain itu, ada juga membangun gudang kantor desa dan rehab ruangan kantor desa serta membuat sumur bor. “Alhamdulillah, lima kegiatan sudah terealisasi. Tinggal di Dusun Siduk yang segera diselesaikan sebelum akhir tahun ini,”jelasnya.

TPK Desa Simpang Tiga, Doni Suprapto menambahkan, kalau pekerjaan di desa selalu mengutamakan masyarakat setempat sebagai pekerjanya. “Untuk pekerjaan kita tetap utamakan masyarakat setempat, karena pembangunan ini adalah milik masyarakat,”tutupnya. (dan)

 

 

Berita Terkait