Pemanah Kalbar Siap Bertarung di PON XIX

Pemanah Kalbar Siap Bertarung di PON XIX

  Minggu, 7 Agustus 2016 10:27
Lepaskan Busur

Berita Terkait

BIDIK YANG TERBAIK

Bak tokoh Arjuna dan Srikandi, atlet panahan Kalimantan Barat ini siap melepaskan anak panah ke papan sasaran. Atlet Cabang Olahraga Panahan ini siap mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September mendatang.

ARIEF NUGROHO, Pontianak

PEKAN Olahraga Nasional XIX tinggal menghitung hari. Para atlet dari Kalimantan Barat pun tak ketinggalan untuk mempersiapkan diri. Berbagai latihan fisik dan peregangan pun terus dilakukan.  

Pontianak Post berkesempatan untuk melihat langsung proses latihan atlet cabang olahraga panahan yang dilakukan setiap hari di Komplek Gedung Olahraga (GOR) Sultan Syarif Abdurahman (SSA) Pontianak.  

Ada belasan pemanah yang sedang latihan di sana. Namun khusus untuk PON XIX mendatang, Perpani Kalbar hanya mengirim enam atlet terbaiknya, yakni salah satunya Susilawati atlet peraih emas di kejuaraan panahan internasional di Surabaya.

"Pra PON kemarin, alhamdulillah untuk cabor panahan, ada enam atlet yang lolos. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik untuk Kalimantan Barat," kata Ketua Umun Pengprov Perpani Kalbar, Mustaat Saman kepada Pontianak Post, kemarin.

Olahraga panahan menjadi cabang yang dipetakan KONI Kalimantan Barat sebagai cabang olahraga unggulan di PON XIX Jawa Barat September mendatang. Karena itu Pengprov Perpani Kalbar terus berupaya memperbaiki kualitas atlet menjelang pelaksanaan PON yang tak lama lagi. 

Selain terus melakukan pemusatan latihan secara serius, beberapa waktu lalu, Perpani juga menyertakan beberapa atletnya mengikuti kejuaraan panahan internasional di Surabaya. Hasilnya cukup menggembirakan. Salah satu atlet putri Kalbar, Susilawati, berhasil meraih satu emas dan satu perak pada kejuaraan internasional open di Surabaya, 21-29 Mei lalu.

"Hasil ini memang sudah sesuai perkiraan, walaupun kami tidak mematok target, karena tujuannya kami untuk try out dan menilai kekuatan lawan nanti di PON Jabar," lanjutnya..

Dalam kejuaraan tersebut, Perpani Kalbar mengirimkan lima atlet terbaik mereka. Satu atlet tidak diikutsertakan karena masih berstatus pelajar dan ikut kejuaraan PPLP. "Memang masih banyak yang perlu diperbaiki. Tapi saya yakin dan optimis di PON nanti atlet kami bisa memberikan yang terbaik," harapannya.

Ia juga mengaku pembinaan yang dilakukan oleh Pengprov Perpani sangat terbantu oleh berbagai pihak. Terutama KONI Kalbar dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar. 

"Keduanya saling mendukung pembinaan kami. Dan pada atlet yang meraih medali di kejuaraan kemarin kami ingatkan target di PON jadi tetap fokus berlatih," tuturnya. (**)

Berita Terkait