Pemadam Kebakaran Belanda Berbagi Ilmu, Latih Petugas Damkar Kalbar

Pemadam Kebakaran Belanda Berbagi Ilmu, Latih Petugas Damkar Kalbar

  Minggu, 19 November 2017 19:52

Berita Terkait

PONTIANAK--Keberadaan petugas pemadam kebakaran swasta di Kalbar sudah banyak membantu dalam penanganan kebakaran. Karena itu skill mereka perlu terus dipertajam sehingga dapat segera menanggulangi musibah kebakaran yang terjadi.

Hal itu diungkap Ketua Pelaksana Simposium dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Kalbar, Hermawan Wongso. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama seluruh pemadam kebakaran yang ada di Kalbar.

"Kita akan mengadakan pelatihan pemadam kebakaran dengan pesertanya dari perwakilan 85 damkar swasta. Masing-masing damkar mengirimkan dua petugas untuk ikut pelatihan ini," ujarnya kepada Pontianak Post.

Dalam pelatihan ini, pihaknya mengundang satu pemateri yang juga petugas pemadam kebakaran asal Belanda. "Ilmu yang diberikan itu sangat bermanfaat. Makanya kita panggil ke sini untuk memberi materi dasar pemadaman kebakaran," katanya.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari. Dimulai 29 November sampai 1 Desember 2017 bertempat di Aula Dinas Kesehatan, Provinsi Kalimantan Barat.

Selain materi dasar pelatihan kebakaran, dalam pelatihan itu juga akan membahas koordinasi dan kekompakan tim damkar ketika menangani kejadian kebakaran. Ini penting dilakukan sehingga dengan waktu singkat bisa memadamkan api.   

Pelatihan dengan menggandeng seluruh damkar di Kalbar, tambah Hermawan Wongso, merupakan sebuah langkah maju. Karena itu, baiknya pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan berkelanjutan dan terprogram. Dengan demikian semua petugas damkar bisa mendapatkan ilmu dasar secara langsung.

Selain pelatihan pemadam kebakaran bagi petugas damkar, pihaknya juga menyelenggarakan simposium safety. Dengan melibatkan pihak pemadam kebakaran, kepolisian dan Dinas Kesehatan. "Tujuan kegiatan itu untuk memantapkan koordinasi di lapangan. Jadi ketika terjadi satu hal tak diinginkan tiga unsur ini dapat bertindak cepat," tutupnya.(iza)

Berita Terkait