Pelindo III Bidik Potensi Wisata Bahari Labuan Bajo, Banyuwangi dan Bali

Pelindo III Bidik Potensi Wisata Bahari Labuan Bajo, Banyuwangi dan Bali

  Jumat, 22 April 2016 14:10
FOTO: maritim.go.id

Berita Terkait

SURABAYA --PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III membidik potensi wisata bahari di Banyuwangi, Bali, dan Labuan Bajo (NTT).

"Kami akan melebarkan sayap ke usaha di sektor pariwisata," kata Djarwo Surjanto, direktur utama PT Pelindo III.

Sebagai langkah awal, lanjut Surjanto, PT Pelindo III akan memetakan potensi wisata bahari Bali. Karena izin dari Propinsi Bali belum keluar, PT Pelindo III melirik Banyuwangi.

"Kami sampaikan ide kami ke bupati Banyuwangi, dan disambut baik," demikian Surjanto. "Kami segera menginstruksikan PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) untuk menggarap proyek pembangunan kawasan wisata bahari terintegrasi di Boom Marina."

PT PPI juga akan menggarap proyek yang sama di Labuan Bajo (NTT) dan Benoa (Bali). Di Labuan Bajo, PPI akan membangun Komodo Marina, yang akan berfungsi sebagai fasilitas maritim untuk persinggahan kapal sebelum menuju Pulau Komodo.

Surjanto yakin fasilitas yang akan dibangun di Labuan Bajo akan menyedot yacht lebih banyak. Terlebih, kawasan marina yang dikembangkan terintegrasi dengan wisata bahari.

Destinasi lain yang akan digarap PPI adalah Mandalika, Lombok. Di sini, PPI akan membangun pelabuhan modern dengan arsitektur khas Lombok.

Menpar Arief Yahya menyambut baik rencana PT Pelindo III. Menurutnya, tujuh dari 10 top destinasi yang diluncurkan Presiden Joko Widodo adalah wisata bahari, dan rencana PT Pelindo III sangat pas.**

Berita Terkait