Pelebaran Jalan Mesti Dikebut

Pelebaran Jalan Mesti Dikebut

  Selasa, 2 Agustus 2016 09:30
RAPAT KOORINASI: Bupati Kayong Utara Hildi Hamid saat pada rapat koordiasi teknis persiapan pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 bersama Kementerian dan Lembaga serta beberapa pihak terkait, Senin (1/8). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Bupati Kayong Utara Hildi Hamid menekankan agar pengerjaan pelebaran jalan di sekitar lokasi pusat kegiatan Sail Selat Karimata benar-benar dikebut. Diakui Bupati, sampai saat ini, di kawasan sekitar Pantai Pulau Datuk belum terlihat pengerjaan ekstra. Padahal, dia mengingatkan kembali bahwa kegiatan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut tidak lama lagi akan dilangsungkan.

 
“Mengingat pelaksanaan Sail ini sudah tidak lama lagi dan pada akhir September semua pekerjaan ditargetkan harus sudah selesai semua. Karena pada awal 1 Oktober semua persiapaan sudah harus selesai. Termasuk untuk para paspampres kemugkinan sudah hadir,” kata Hildi pada Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Perhelatan Sail Selat Karimata 2016 Bidang Transportasi, Akomodasi, dan Fasilitas Umum bersama Kementerian dan Lembaga, di Gedung Balai Paraja Sukadana, Senin (1/8).  

Orang nomor satu di Negeri Bertuah ini berharap agar kondisi tersebut dapat menjadi perhatian, khususnya dari Kemeterian PU. “Kalau ini jadi sangat mengkhawatirkan. Karena termasuk jalan-jalan masuknya lokasi puncak, 30 September memang di jadwalkan harus selesai,” harapnya.

Meski demikian, Hildi juga bersyukur  kepada Kementrian PU lantaran saat ini untuk pembangunan fisik baru ada dari Kementerian PU, yakni dari Dirjen Cipta Karya untuk pembangunan perumahan rakyat. “Saat ini juga masih banyak yang perlu dipersiapkan seperti halnya yang disampaikan dari pihak TNI Agkatan Udara, untuk keperluan helipad, memerlukan tiga landasan. Dan ini juga akan dipersiapakan, untuk pendaratan helikopter pada Sail nanti,” terangnya.

Rapat koordinasi tersebut menyoroti beberapa hal, di mana salah satunya adalah pembangunan pelebaran jalan di sekitar lokasi Pantai Pulau Datok. Rapat tersebut juga diikuti dari TNI AD, AL, AU, Polri, dan beberapa instansi terkait lainnya dalam pelaksaan Sail Selat Karimata, 15 Oktober mendatang. Selain menggelar rapat bersama Pemerintah Daerah Kayong Utara, Kementerian dan Lembaga bersama pihak Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (2/8) hari ini.

Terkait hal ini Bupati berharap agar melalui rapat koordiansi teknis ini, apa yang menjadi kekurangan pada pelaksanaan Sail Selat Karimata dapat terkoordinir sesuai yang diharapkan. Yang nantinya, sambung dia, akan disampaikan ke Pemerintah Pusat.

Sementara itu, terkait dalam penunjang dalam perhelatan Sail Selat Karimata untuk peningkatan jaringan, general Manager (GM) ICT Telkomsel area Kalimantan, Harsetyo Pramono, memastikan jika pada pelaksanaan Sail Selat Karimata nanti, untuk jaringan mereka, Telkomsel akan ditingkatakan menjadi 4 G. Bahkan, dia menambahkan, peningkatan tersebut termasuk pada lokasi media senter yang telah ditentukan, serta beberapa lokasi lainnya. Hal tersebut, dipastikan dia, telah dikomunikasikan bersama pihak Telkom.

“Saat ini untuk perbaikan telah dilakukan di Sukadana, termasuk daerah lainnya, yang nantinya pada pelaksanaan Sail nanti dipastikan jaringan sudah diinstal menjadi 4 G, termasuk di lokasi Pulau Karimata, yang akan dilakukan penigkatan jaringan melalui satelit, sehingga untuk pemenuhan kapasitas dapat mencukupi. Namun untuk di pulau sendiri kemungkinan jaringannya hanya 3 G, yang sifatnya permanen, hingga usai kegiatan pasti ada,” terangnya, yang juga hadir pada rapat koordiansi teknis persiapan Sail Selat Karimata 2016.

Mengenai hal ini, menurut dia, dengan adanya peningkatan jaringan, tentunya sangat mendukukung dalam pariwisata di Kayong Utara. Dengan demikian, diharapkan dia dapat benar-benar membantu. “Di Kepulauan Karimata saat ini juga sudah ada, seperti yang ada di Pelapis,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait