Pelatihnya Mundur, Spanyol dan Italia Kebingungan

Pelatihnya Mundur, Spanyol dan Italia Kebingungan

  Jumat, 1 April 2016 15:34

Berita Terkait

ITALIA dan Spanyol punya masalah yang sama. Yakni, harus mencari pelatih baru selepas Euro 2016. Italia sudah pasti ditinggal Antonio Conte yang merapat ke klub Inggris Chelsea. Sementara itu, Vicente del Bosque sangat mungkin tidak akan lagi bersama Spanyol setelah Euro. Pria 65 tahun itu beberapa kali menyatakan akan meninggalkan timnas.

FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) kini sibuk mencari sosok pengganti Conte. Presiden FIGC Carlo Tavecchio mulai menyeleksi beberapa kandidat. Misalnya, arsitek Bologna Roberto Donadoni. Dia dianggap sukses membawa Bologna nyaman di papan tengah Serie A. Selain itu, Donadoni pernah menangani Gli Azzurri -julukan timnas Italia- pada periode 2006-2008.

Namun, Sky Sport Italia melaporkan, setelah pertemuan dengan Presiden Bologna Joey Saputo, Donadoni memutuskan bertahan di klub berjuluk Rossoblu itu. Karena itu, pencarian pun dialihkan kepada beberapa kandidat. Beberapa nama yang mencuat adalah Gian Piero Gasperini (Genoa), Giampiero Ventura (Torino), allenatore timnas U-21 Italia Luigi Di Biagio, dan eks kapten Italia Fabio Cannavaro. ''Aku senang dan siap jika timnas senior benar-benar meminatiku,'' kata Di Biagio dalam wawancara dengan Rai.

Tavecchio sendiri masih bungkam dengan sosok pelatih yang dibidik. ''Yang jelas, syarat menjadi pelatih tim nasional adalah harus memiliki jiwa pemimpin. Terutama, mampu memprioritaskan pemain junior yang berguna sebagai warisan timnas kelak,'' katanya sebagaimana dilansir Football Italia.

Di sisi lain, entrenador Rayo Vallecano Paco Jemez masuk bursa calon pengganti Del Bosque. ''Semua pelatih tidak akan ada yang mengatakan tidak ketika disodori tawaran menjadi pelatih timnas,'' tutur Jemez sebagaimana dilansir AS. (apu/c4/ca)

 

Berita Terkait