Pelatihan Buat Abon dan Rolade

Pelatihan Buat Abon dan Rolade

  Selasa, 11 Oktober 2016 08:33

Berita Terkait

SINGKAWANG—Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya kelompok perempuan nelayan, dinas Kelautan dan Perikanan kota Singkawang menggelar pelatihan berupa pembuatan Rolade dan abon ikan Senin (10/10) kemarin.

 “Digelarnya pelatihan pembuatan Rolade dan abon ikan bertujuan meningkatkan SDM perempuan nelayan dalam hal pengetahuan mengolah hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkap Ketua Panitia kegiatan Hamdan kepada koran ini.

Pelatihan  ini juga, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan nelayan dalam megolah hasil laut yang ada di Kota Singkawang.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ahyadi mengatakan pelatihan sangat diperlukan bagi perempuan nelayan di Kota Singkawnag khususnya, untuk memberikan pengetahuan umum tentang nilai gizi ikan, manfaat ikan dan nilai tambah dari produk olahan ikan. “Pelatihanh ini dipandu oleh narasumber yang sudah berkompeten dalam melakukan proses pengolahan ikan, sehingga dapat memberikan pelajaran teknik pembuatan rolade dan abon ikan,” kata Ahyadi.

Selain itu, lanjut Ahyadi, pemberdayaan masyarakat secara mental dalam rangka meningkatkan kemampuan dan persoalan pesisir dititikberatkan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha. “Selain itu, peningkatan kemampuan dan peran serta perempuan nelayan atau pesisir  dalam pelestarian lingkungan serta peningkatan  pendidikan, pelatihan, riset dan pengembangan di wilayah pesisir dan laut,” lanjut Ahyadi.

Pelatihan pembuatan Rolade dan Abon Ikan ini, tambah Ahyadi diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan pengetahuan bagi perempuan nelayan untuk meningkatkan pendapatannya. “Apalagi bila produk tersebut bisa dikemas dengan sebaik mungkin maka dapat dipasarkan di took-toko atau swalayan yang ada di Kota Singkawnag ini,” tambah Ahyadi.

Ia berharap dengan pelatihan  pengolahan perikanan ini, masyarakat nelayan atau pesisir dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan nilai perikanan. “Setelah kegiatan ini saya berharap dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam masyarakat pesiosir sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pesisir,” harap Ahyadi. (har)

 

Berita Terkait