Pelaku Bakar Jok Mobil, Uang Rp4,7 Miliar Disimpan Dalam Bantal dan Motor

Pelaku Bakar Jok Mobil, Uang Rp4,7 Miliar Disimpan Dalam Bantal dan Motor

  Selasa, 18 Oktober 2016 12:51

Berita Terkait

SANGGAU—Kasus laporan uang terbakar Rp8,4 Miliar ini bermula dari tersangka Sil, pada Senin 17/10 pukul 10.45 mencairkan uang petani TBS KUD Tut Wuri Handayani SP 2 Mukok di Bank BRI Cabang Sanggau sebesar Rp 8.402.798.000 milik 2000 petani.
Setelah mendapatkan uang tersangka Sil dengan menggunakan mobil Fortuner warna Hitam KB 761 D, bertolak dari BRI Sanggau langsung  menuju KUD Tutu Wuri Handayani. Sebelum menuju KUD, tersangka menjemput Kisnodi Skretaris II Koperasi yang sehari hari sebagai Aparatur Sipil Negara di Kantor Camat Meliau. Dalam perjalanan di Desa Semuntai, Kecamatan Mikok, tersangka Sil menghentikan kendaraannya. Kemudian keduanya turun dari mobil untuk buang air kecil. Tersangka Sil masuk kedalam mobil dan melihat dari dalam mobil, bagian jok tengah dan nelakang sudah mengeluarkan  api dan asap tebal membakar uang milik KUD. Setelah itu yang bersangkutan melapor kepada pihak Kepolisian Polsek Mukok.
Sesampainya di Polsek Mukok, dihadapan Petugas dari Polsek Mukok Ketua KUD menghitung sisa uang yang berada dimobil sebanyak Rp 2.051.107.800 masih dalam keadaan utuh, uang Rp 7.831.000 dalam keadaan rusak terbakar dan sisanya Rp6 m lebih habis terbakar.


Berdasarkan olah TKP Kapolsek merasa curiga dan meminta bantuan Polres untuk memback up Polsek dalam mengungkap kasus tersrbut.
Tanpa membuang buang waktu Kapolsek bersama timnya pada Senin malam sekitar pukul 23.00 melakukan penggeledahan di rumah Silvinus di Jalan Bujang Malaka Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas. Lokasi ini polisi menemukan uang sebesar Rp4,7 M yang disimpan dibawah tempat tidur. Kemudian ditemukan juga sepeda motor  yang di dalam joknya ditemukan uang RP100 juta.
Selanjutnya Polisi menggeledah mobil milik Hadi Prawoto. Di dalam mobil ditemukan uang 100 juta dan satu unit Air Soffgun. Akhirnya kedua pelaku dibawa ke Polres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut.
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol, Drs. Suhadi  Sw. M.Si menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Sanggau dan Kapolsek Mukok dan jajarannya atas keberhasilannya mengungkap kasus tersebut. Hendaknya kasus ini dapat dikembangkan. Kemungkinan tersangkanya tidak hanya Sil dan Had tetapi ada tersangka lain.(arf)

Berita Terkait