Pelaksanaan Unas SD Lancar

Pelaksanaan Unas SD Lancar

  Rabu, 18 May 2016 10:05
WASPADA: Sosialisasi waspada paham komunis oleh Polres Sintang. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG-Sebanyak 8.919 siswa sekolah dasar di Sintang mengikuti Ujian Nasional (Unas). Unas terbagi atas 14 subrayon, 180 sekolah penyelenggara, 432 sekolah dengan total ruang sebanyak 525 kelas. Penyelenggaraan Unas, berlangsung lancar dan tertib. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Marchues Afen merinci, khusus dalam kota Sintang, sebanyak 1.448 siswa peserta Unas yang diselenggarakan di 15 sekolah, dari 39 sekolah. 

Menurut Afen, tidak ada kendala selama proses Unas yang dimulai sejak pengiriman naskah ujian. Semua, lanjutnya, tidak lepas berkat dukungan bupati, danrem, kapolres dan pihak terkait, yang mendukung pelaksanaan Unas. 

Dikatakannya, hasil ujian peserta akan diketahui 16 Juni. Pengumuman tersebut seminggu sesudah ujian SMP diumumkan. 

Sementara Bupati Sintang, Jarot Winarno meninjau langsung pelaksanaan Unas, dengan didampingi kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta jajaran Forkorpimda. Sekolah yang ditinjau meliputi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sintang, dan SDN 5 Sintang.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah mendukung penuh pelaksanaan Unas, karena merupakan program pemerintah pusat yang harus dijaga. Sehingga dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten harus saling bersinergi. 

“Kita sudah mendengar informasi dari kepala Dinas Pendidikan, atas hasil Unas tingkat SMA/SMK. Kita patut berbangga. Raihan prestasinya meningkat dari tahun sebelumnya. Semoga hasil Unas SMP dan SD juga sama,” kata bupati. 

Bupati menambahkan, pemkab berkomitmen tetap menjaga keamanan, ketentraman para siswa-siswi yang sedang melaksanakan Unas, karena tingkat SD merupakan masuk dalam program wajib belajar yang dicanangkan pemerintah pusat yaitu wajib belajar 9 tahun.(stm)

Berita Terkait