Pelajar Kubu Raya Membawa Bendera Merah Putih

Pelajar Kubu Raya Membawa Bendera Merah Putih

  Selasa, 16 Agustus 2016 09:30
PENYEMATAN: Gubernur Kalimantan Barat menyematkan pin Merah Putih kepada Agnes Esmeralda yang akan membawa bendera Merah Putih besok (17/8).

Berita Terkait

PONTIANAK—Jesisa J Sihombing Pelajar SMAN 1 Kabupaten Kubu Raya terpilih membawa bendera Merah Putih yang akan dikibarkan saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di halaman Kantor Gubernur 17 Agustus mendatang. 

Sementara saat penurunan bendara, kesempatan membawa bendera merah putih itu diberikan kepada Agnes Esmeralda dari SMAN Pahauman Kabupaten Landak. 

Pelatih Paskibra Provinsi Kalbar, Aiptu Janti Nainggolan menyebutkan petugas mengibarkan bendera dari kelompok delapan di antaranya Urai Alfint IR dari Kabupaten Sambas, M. Ilyas Nizar dari Kota Pontianak, M. Arief Syaifullah dari Kabupaten Melawi, Ari Mangenttang dari Kabupaten Kubu Raya Erdi dari Kabupaten Sanggau.

Masih dijelaskan Nainggolan, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis akan mengukuhkan paskibra ini. Pengukuhan itu dilakukan setelah mereka mengikuti rangkaian seleksi ketat dan latihan yang keras. Pengukuhan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalbar, serta Para Kepala SKPD Provinsi Kalbar, pelatih pembina serta Purna Paskibra Indonesia Kalbar.

Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis MH mengatakan pengukuhan itu menjadi langkah awal bagi anggota paskira di Kalimantan Barat. Karena itu dia menilai jika pengukuhan ini sarat akan makna. 

Di mana para pelajar ini, lanjut dia, mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas mulia yakni mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih Tanggal 17 Agustun nanti, 

“Jalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa semangat dan tanggung jawab,” pesan Cornelis.

Menurutnya sudah seharusnya mbereka yang terpilih bangga melaksanakan tugas ini. Apalagi ini, lanjut dia, sebagai representasi kemajemukan dan keberagaman Bangsa Indonesia. 

“Termasuk Kalbar yang multi etnik, agama, adat istiadat, budaya serta bahasa, dan perbedaan lainnya dapat dipersatukan melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi anggota Paskibra Provinsi Kalbar,” kata dia.

Cornelis berharap paskibra ini bisa kompak, saling menghargai dan menghormati, serta kedisiplinan yang tinggi ketika menjalankan tugas. Karena itu dia mengingatkan pentingnya sesama anggota membangun persatuan dan persaudaraan.

“Persaudaran yang terjalin selama mengikuti pelatihan jangan hilang begitu saja. Satukan tujuan yakni mengibarkan sang saka Merah Putih sebagai lambang kehormatan negara pada posisi puncaknya,” pungkasnya. (mse)

Berita Terkait