Pelabuhan Sedau Mangkrak

Pelabuhan Sedau Mangkrak

  Jumat, 26 Agustus 2016 09:30
PELABUHAN: Sejumlah gedung pelabuhan Sedau belum berfungsi secara maksimal dan menjadi tempat bermain anak-anak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah masyarakat meminta pemerintah daerah kembali melakukan evaluasi tentang pembangunan dan pengelolaan Pelabuhan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

 
Dikarenakan bangunan megaproyek pelabuhan Sedau, hingga sekarang belum bisa dimanfaatkan. Akibatnya megaproyek milik pemerintah daerah bersama pemerintah pusat terbengkalai.

“Kita tidak tahu kapan, pelabuhan sedau bisa berjalan dengan baik. Sudah bertahun-tahun pelabuhan sedau terbengkalai,” ucap Tokoh Masyarakat Kota Singkawang Rudi Harjana, Kamis (25/8) kepada media ini.

Dia mengatakan pelabuhan sedau merupakan pembangunan vital yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun keberadaan pelabuhan laut ini tidak dapat dioperasikan dengan baik. Karena masih banyak kekurangan yang perlu dibenahai agar sesuai dengan fungsi dan tujuan dibangunnya pelabuhan sedau di Kecamatan Singkawang Selatan.

Ia menyatakan meskipun pelabuhan sedau sudah diresmikan oleh pemerintah Kota Singkawang. Tetapi masyarakat juga perlu adanya fungsi kontrol terkait jalannya pembangunan maupun jasa transportasi laut yang masih berada di bawah naungan pemerintah Kota Singkawang.

 “Sangat disayangkan potensi Pelabuhan Sedau belum dikelola secara profesional. Karena daerah kita selama ini, belum memiliki pelabuhan berskala nasional. Adapun pelabuhan laut berskala nasional berada di luar daerah Kota Singkawang,” terang Rudi Harjana mantan penerjun bebas/freefall penyelam scuba melihat kondisi pelabuhan Sedau terbengkalai.

Ketua Lembaga Sosial Masyarakat Bahti Nusa Kota Singkawang M Syafiuddin menambahkan mega proyek pelabuhan sedau perlu peninjauan kembali terkait kinerja pelaksanaan pembangunan dilapangan. Dikarenakan aset milik negara ini sudah lama terbengkalai dan belum dioperasikan sesuai dengan fungsi dan tujuan tentang keberadaan pembangunan pelabuhan Sedau di Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Kami minta pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk meninjau kembali tentang Pelabuhan Sedau. Karena bangunan pelabuhan Sedau ini sudah menghabiskan anggaran cukup besar dan hingga sekarang belum juga bisa dimanfaatkan demi percepatan pembangunanan secara nasional,” tandasnya.

Dia menyarankan kepada pemerintah daerah agar dapat melanjutkan megaproyek Pelabuhan Sedau. Supaya ada kejelasan dan kepastian tentang tindak lanjut pembangunan tersebut. Sehingga masyarakat sekitar tidak lagi mempertanyakan tentang kelanjutan pembangunan Pelabuhan Sedau, di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat mempertanyakan tentang lanjutan pelabuhan sedau. Yakni apakah pelabuhan sedau itu dibangun cukup sampai di situ atau sebaliknya dilanjutkan sesuai dengan fungsi dan tujuan utama pembangunan pelabuhan Sedau berskala nasional.

 “Kami minta pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memperhatikan dan dapat melanjutkan pembangunan pelabuhan sedau. Supaya akses transportasi laut dapat berjalan baik. Begitu juga dengan gedung yang telah dibangun dapat dioperasikan sesuai harapan masyarakat banyak,” tutup Syafiuddin juga sebagai tokoh masyarakat Kota Singkawang. (irn)

Berita Terkait