Pekan Hiburan Rakyat Pontianak Post, 20 Grup Ikut Festival Drum Band

Pekan Hiburan Rakyat Pontianak Post, 20 Grup Ikut Festival Drum Band

  Kamis, 20 Oktober 2016 09:30
PERTEMUAN : Tekhnikal meeting di Biro Pontianak Post Sungai Pinyuh. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Sebanyak 20 grup memastikan keikutsertaannya dalam Festival Drum Band yang merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Hiburan Rakyat Pontianak Post. Para peserta dari kategori SD, SMP dan SMA tersebut telah mengikuti class meating di Biro Pontianak Post di Jalan Seliung, Sungai Pinyuh, Selasa (18/10) sore.

“20 grup drum band yang berpartisipasi dalam Pekan Hiburan Rakyat Pontianak Post ini terdiri dari peserta kategori SD sebanyak 9 grup dan kategori SMP dan SMA sebanyak 11 grup. Total ada 20 grup yang akan meramaikan Festival Drum Band yang akan dihelat pada Sabtu (22/10) mendatang,” kata Ketua Panitia Pekan Hiburan Rakyat Pontianak Post, Julfi Asmadi.

Dalam pertemuan itu, Jul begitu dia akrab disapa, pihaknya memberikan penjelasan berkenaan dengan aturan dan ketentuan festival. Termasuk pula jalur atau rute yang nantinya akan dilewati para peserta.

“Rute festival sejauh 4 kilometer. Lokasi startnya di Komplek Patoka, kemudian menuju ke Jalan Seliung, berbelok ke arah Jalan Raya Sungai Pinyuh-Pontianak dan kembali finish di lokasi semula,” paparnya.

Selama menempuh rute tersebut, sambung Julfi, dewan juri akan memberikan penilaian kepada para peserta festival. Peserta dengan poin tertinggi akan ditetapkan sebagai pemenang yang akan diumumkan langsung setelah pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Untuk tim penilai, kita datangkan dari Kota Pontianak. Sengaja kita datangkan juri dari luar agar penilaian lebih objektif dan professional. Sehingga para pemenang nantinya benar-benar grup yang berkualitas dan layak menjadi juara,” ucapnya.

Terkait penilaian, dirinya memberikan bocoran. Fokus penilaian diberikan pada keserasian music, irama, perkusi dan kekompakan tim. Bukan itu saja, lanjut dia, ketangkapan mayoret, kelurusan kaki hingga kereragaman kostum akan mendapatkan poin dalam penilaian tersebut.

“Makanya, kami berpesan agar peserta dapat menampilkan atraksi terbaiknya dalam festival drum band ini. Sebab, festival ini menjadi adu gengsi drum band terbaik di Kabupaten Mempawah. Mengingat, pesertanya cukup merata dari seluruh kecamatan yang ada di daerah ini,” pendapatnya.

Lebih jauh, dirinya mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Mempawah umumnya dan Sungai Pinyuh khususnya. Agar berpartisipasi aktif menyaksikan festival yang akan melewati rute jalan raya. Sehingga suasana festival akan semakin semarak dan meriah.

“Mudah-mudahan festival drum band ini mampu memberikan hiburan bagi seluruh kalangan masyarakat. Dan memberikan edukasi bagi peserta agar selalu giat berlatih drum band untuk meraih prestasi-prestasi membanggakan,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait