Pejabat Adu Masak Asam Pedas

Pejabat Adu Masak Asam Pedas

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:23
ASAM PEDAS: Bupati Ria Norsan dan pejabat daerah lainya ikut lomba masak asam pedas. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH – Siapa menyangka dibalik kepiawaiannya mengurus masyarakat dan daerah, para pejabat di Kabupaten Mempawah mahir mengolah makanan. Hal itu dibuktikan dalam lomba memasak menu asam pedas di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Jumat (5/8) pagi. Sebanyak 26 peserta termasuk Bupati Mempawah, Ria Norsan berpartisipasi dalam lomba kuliner itu.

Lomba memasak yang diikut para pejabat daerah tersebut, bagian dari perayaan HUT ke-2 perubahan nama daerah dan HUT ke-71 kemerdekaan RI di Kabupaten Mempawah. Para pesertanya Kepala SKPD, Kapolres Mempawah, Kajari Mempawah hingga Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mempawah. Mereka pun tampak antusias dan penuh semangat untuk membuktikan siapa yang jago dalam urusan masak-memasak.

Ketentuan lomba, para peserta diharuskan sudah tuntas mengolah bumbu-bumbu yang telah disiapkan dalam waktu 15 menit. Hasil masakan selanjutnya dinilai oleh dewan juri yang berasal dari tiga unsur, yakni ahli dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Mempawah, pakar kuliner ikan asam pedas dari Kuala Mempawah, dan Tim Penggerak PKK Mempawah.

Tak mau kalah sebelum bertanding dengan pejabat Muspida dan para SKPD, Bupati Ria Norsan pun ikut memasang celemek. Bahkan, orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Mempawah ini tampil beda dengan membalikan topi pertanda siap beraksi di depan peralatan dapur.

Beragam jenis bumbuh masakan telah disiapkan panitia diatas meja. Namun, bukan perkara gampang bagi para pejabat ini untuk meramu dan meracik bumbu-bumbu dapur itu untuk diolah menjadi masakan asam pedas yang gurih. Tak heran jika peserta tampak berkerut dan menyeka keringat di keningnya.

Bukan karena terlalu lelah atau capek, namun peserta kebingungan harus mencampur bumbu-bumbu tersebut agar mendapatkan rasa asam pedas terbaik. Sementara itu, para ibu tampak semangat memberikan semangat dan motivasi kepada peserta. Bahkan, para penonton pun dibuat terbahak-bahak dengan ragam peserta yang unik dan menggelitik didepan kompor.

Staf Ahli Bupati, Asfahani Arsyad misalnya. Mantan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) itu memasak dengan mengenakan seragam balap sepeda lengkap dengan helm di kepala.

 “Tadi dari rumah pakai sepeda. Niatnya memang mau olahraga, ternyata ada lomba memasak jadi langsung saja kita ikut lomba ini. Habis olahraga, masak-masak dulu,” selorohnya tertawa lebar.  

Setelah kurang lebih setengah jam beraksi, dengan susah payah peserta menyelesaikan masakannya. Asam pedas yang sudah matang pun dipindahkan ke wadah mangkok untuk dinilai oleh juri.

 “Lomba masak ini sengaja mengangkat menu asam pedas. Agar masakan asam pedas semakin populer dikalangan masyarakat Kabupaten Mempawah. Apalagi semua kalangan masyarakat hingga pejabat suka dengan menu ini,” pendapat Ria Norsan disela-sela lomba.

Lebih dari itu, Norsan menilai momentum lomba memasak tersebut menjadi ajang silahturahmi dan meningkatkan komunikasi antar pejabat daerah. Baik antar sesama SKPD maupun Forkopimda Kabupaten Mempawah.

 “Dengan kemeriahan lomba ini, semoga semakin mempererat kebersamaan para pejabat di Kabupaten Mempawah. Sehingga para pejabat daerah ini terus kompak dan bersinergi untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat sesuai tupoksinya,” seru Norsan.

Hasil penjurian menetapkan juara pertama lomba yakni, Asfahani Arsyad, Armansyah, Ridwan Rusli. Kemudian, juara harapan satu, Syofia Marlianti, Ria Norsan dan Sahaerul Faridin. Hadiah diserahkan oleh Ketua Tim  Penggerak PKK Mempawah, Hj Erlina Ria Norsan.(wah)

Berita Terkait