Pecat PNS Terlibat Narkotika

Pecat PNS Terlibat Narkotika

  Selasa, 23 February 2016 09:13
Sekda....Ir. H. Muhammad Sukri

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Sekda Kapuas Hulu Ir. H. Muhammad Sukri mengingatkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Kapuas Hulu untuk tidak bermain-main dengan narkoba. Jika terbukti terlibat dalam penyalahgunaan narkoba sangsi tegas menantinya, yakni pemecatan secara tidak hormat bagi penjual maupun pemakai narkoba dan itu sudah diatur dalam undang-undang Aparatur Sipil Negara.

Hanya saja, terkait oknum PNS dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu yang baru-baru ini ditangkap polisi satuan Narkoba Polres Kapuas Hulu, Sekda mengaku masih mempelajari terlebih dahulu kasus itu. "Kalau mengacu pada undang-undang ASN, tidak ada toleransi bagi penyalah gunaan narkoba dan ancamannya dilakukan pemecatan secara tak hormat dan itu sudah diatur dalam UU ASN," tuturnya.

Dikatakan Sukri, kejadian yang terjadi itu merupakan gambaran narkoba telah masuk dikalangan PNS dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu. Jika itu dibiarkan akan berdampak buruk bagi pembangunan dan kinerja pemerintahan Kapuas Hulu kedepannya. "Sangat berbahaya narkoba itu, apalagi PNS yang menggunakan narkoba itu merupakan pejabat yang memiliki kapasitas dalam kebijakan," terangnya.

Dijelaskan, oknum PNS yang terlibat narkoba tersebut jabatannya hanya sebagai staff, bukan pejabat yang berkaitan dengan pelaksanaan dan pemberi kebijakan sehingga tidak dilakukan audit terhadap penggunaan dana yang dilakukan yang bersangkutan. "Karena dia staff biasa dibagian TU, jadi tidak kami audit, informasi yang saya terima dia itu tidak diberikan tugas di instansinya itu,” ungkap Sukri.

Kalaupun dia masuknya, sambung Sukri, cuma masuk absen dan pulangnya pun awal dari PNS yang lain. Untuk mengantisipasi PNS terlibat dalam narkoba pihaknnya akan lakukan sosialisasi dan juga mengambil tindakan tegas yakni pemecatan terhadap oknum yang terlibat barang haram tersebut.

"Sudah kami ingatkan masih juga terlibat narkoba, jangan salahkan kami kalau dipecat,” ungkapnya.Karena untuk masalah narkoba harus tegas dan tidak ada ampun, tidak peduli dia itu siapa dan ada apa. Untuk melakukan tes urine dikalangan PNS Kapuas Hulu masih menunggu komando dari Bupati Kapuas Hulu, untuk jadwal pelaksanaannya. "Mengenai test urine PNS, kami masih tunggu perintah dari bupati, kami memang sudah lama mewacanakan tes urine pada para PNS kami," ucapnya.(aan)

 

Berita Terkait