PDAM Tertibkan Sambungan Ledeng

PDAM Tertibkan Sambungan Ledeng

  Jumat, 29 July 2016 09:30
PENERTIBAN : Petugas PDAM Tirta Kapuas saat melakukan penertiban sambungan rumah di kawasan kecamatan Putussibau Utara, daerah Danu Kayan.FOTO MUSTA’AN

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian ari dan kebocoran jaringan (Pipa) jajaran PDAM Tirta Kapuas mulai Rabu (27/7) hingga selesai melakukan kegiatan penertiban sambungan rumah (SR) di diwilayah ibu kota kabupaten. Yakni di kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. Selain itu, juga dilakukan perbaikan materan dan mengganti accessoris PDAM yang rusak.

Ditemui saat memimpin langsung penertiban SR, Direktur PDAM Tirta Kapuas, kabupaten Kapuas Hulu, Mohammad Sainihadi mengatakan. Penertiban melibatkan belasan personil  lapangan PDAM. “Penertiban ini akan kami laksanakan setiap hari kerja sampai dengan selesai seluruhnya. Hari ini kami mulai dari kecamatan Putussibau Utara, tepatnya di Danau Kayan,”terangnya, Rabu (27/7) pagi.

Dijelaskannya lagi, untuk pelanggan di kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan jumlah pelanggan lebih kurang 5.600. Saat penertiban, kata dia lagi, petugas memeriksa meter air dan memperbaiki serta mengganti accessoris yang rusak. Jika ditemukan air kurang lancar juga diperbaiki sehingga pelayanan kepelanggan lebih baik dan maksimal jika kebocoran bisa ditangani dengan baik.

“Jika ditemukan ada pelanggaran kami akan menyegel meter air itu,” kata Saini. Dia mengaku, tujuan kegiatan penertiban, perbaikan dan penggantian ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air yang di terima pelanggan, serta meminimalisir angka kebocoran dan mengatasi pencurian air. Bila di temukan ada meter air, kran, pipa atau accessories lainnya yang rusak, maka di adakan penggantian.

Ditegaskannya, penggantian meter air, kran, pipa atau accessoris lainnya yang rusak tidak di pungut biaya kepada pelanggan. “Tidak dipungur biaya apapun,” jelasnya. Seraya mengatakan, jika temukan pelanggaran dan gangguan. Pelanggan bisa menghubungi kontak pengaduan yang tertulis pada struk pembayaran rekning tagihan air. Laporan dari pelanggan akan segera ditindak lanjuti petugas PDAM.

Kegiatan ini, sambung Saini lagi,  sekaligus untuk memantau apakah golongan tarif pelanggan masih relevan, apabila sudah tak relevan maka di adakan perubahan golongan tarif sesuai kondisi yang ada saat ini. Karena bisa saja semula masuk dalam golongan ekonomi, sekarang sudah layak dalam kelas diatasnya lagi atau sebaliknya. Sehingga tarifnya relevan dengan kondisi pelanggan itu sendiri.(aan)

Berita Terkait