Pawai Lampion Semarakan Malam Cap Go Meh , Kembali Tampilkan Tokoh Legenda dan Dewa

Pawai Lampion Semarakan Malam Cap Go Meh , Kembali Tampilkan Tokoh Legenda dan Dewa

  Selasa, 23 February 2016 09:42
PAWAI : Suasana meriah pawai lampion pada malam Cap Go Meh di Sungai Pinyuh. Tokoh perjalanan ke barat dan dewa serta vampir juga kembali turut meramaikan acara. Wahyu Ismir/Pontianak Post

Berita Terkait

SUI PINYUH-Seluruh masyarakat Sungai Pinyuh menyambut sukacita perayaan malam Cap Go Meh, Minggu (21/2). Sebab panitia melaksanakan kegiatan pawai keliling kota. Mobil dan motor dihias dengan lampion. Tak hanya itu, arak-arakan naga serta tatung juga turut ditampilkan pada malam itu.

Perayaan malam Cap Go Meh bertambah spesial dengan tampilnya kembali tokoh legenda perjalanan ke Barat, yaitu Sun Gu Kong dan kawan-kawan serta penampilan dewa yang dibawakan oleh pengurus Yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh. Perhatian penonton bertambah dengan hadirnya tokoh vampir, yang biasanya disaksikan di film mandarin, namun kini hadir dihadapan mereka. Mereka dengan semangat ikut pawai mengikuti kendaraan sambil sesekali bersendagurau dengan warga yang menonton.

Peserta mengitari kota Pinyuh dengan rute dimulai dari vihara Tri Dharma Bhakti – Jalan Pasar Baru – Jalan Beringin – Jalan Jurusan Pontianak – Jalan Pendidikan – Jalan Seliung – Jalan Beringin – Jalan Jurusan Mempawah dan kembali lagi ke vihara Tri DharmaBhakti. Meskipun arus kendaraan sempat macet total karena membludaknya warga yang menonton, namun kondisi berlangsung tertib dan aman, berkat penjagaan ketat aparat keamanan.

“Kegiatan berlangsung meriah, seluruh peserta tampil secara maksimal. Pihak keamanan juga terlihat siaga menjaga situasi. Arus lalu lintas terlihat tidak mengalami kendala,” kata ketua panitia, Susanto.Meskipun sepanjang jalur pawai, masyarakat sangat antusias menyaksikan dari pinggir jalan. Mereka mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel. Bahkan pengendara yang kebetulan melewati rombongan juga turut menikmati acara dengan menyapa peserta pawai.

“Kita sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Terutama pihak yang terlah mengatur arus lalu lintas, sehingga tidak mengakibatkan kemacetan. Sebab bisa kita maklumi, Sungai Pinyuh merupakan jalur perlintasan,” tutur dia.Seiring dengan pelaksanaan pawai lampion, di halaman kelenteng Tri Dharma Bhakti juga dilaksanakan final dancer, sehingga suasana masih terlihat ramai. Ditambah dengan pencabutan kupon undian gratis kepada peserta pawai dan peserta final dancer, dengan puluhan hadiah menarik diberikan sponsor.(wah)

Berita Terkait