Pasukan Riedl Belum Menjanjikan

Pasukan Riedl Belum Menjanjikan

  Senin, 10 Oktober 2016 09:20
IMBANG: Beberapa punggawa Timnas Indonesia merayakan gol kedua. Dalam pertandingan melawan Vietnam tadi malam, Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2 meski terus menekan pertahanan lawan. WAHYUDIN/JAWAPOS

Berita Terkait

TIMNAS Indonesia hanya puas bermain imbang 2-2 lawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10). Setelah tertinggal dua gol cepat Vietnam, Zulham Zamrun dan Irfan Bachdim akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. 

Skuat Garuda tampaknya memulai pertandingan dengan hati-hati. Namun, kehati-hatian itu justru bikin Vietnam leluasa mengembangkan permainan. 

Pada awal laga, pertandingan sempat berjalan timpang dan tampak akan berakhir untuk keunggulan tim tamu. Itu karena saat laga berjalan 12 menit, Timnas sudah tertinggal 0-2. 

Gol pertama Vietnam pada menit keempat dicetak oleh ‎Le Van Thang. Memanfaatkan kelengahan lini belakang, skuat Garuda. Saat berusaha menyamakan kedudukan, Indonesia ternyata tak kunjung berhasil.

Boaz Salossa dkk justru harus tertinggal kembali, setelah Vu Minh Tuan mampu memanfaatkan umpan Nguyen Hoang menjadi gol pada menit ke-12.

Indonesia yang tak mau malu di kandang, tampil lebih agresif dan meningkatkan serangan dari sayap. Alur bola memanfaatkan serangan tengah, sulit berkembang. 

Akhirnya melalui sebuah skema bola mati, Zulham mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-27. Irfan Bachdim kemudian menyamakan kedudukan semenit kemudian.

Pada babak kedua, Indonesia mencoba tampil lebih variatif dan menarik Dedi Kusnandar keluar, digantikan Bayu Pradana. Kondisi ini ternyata tak banyak membantu permainan skuat Garuda, ‎skor tak berubah dan Vietnam kontra Indonesia berakhir imbang 2-2. 

Dengan hasil Ini, Indonesia masih belum menjanjikan bisa tampil garang di Piala AFF 2016. Pasukan racikan Alfred Riedl ini masih karena kerap lengah dan kalah matang memanfaatkan taktik. Gol-gol yang tercipta, bukan murni dari open play, tapi dari sebuah kesalahan yang diciptakan lawan, tapi mampu dimanfaatkan.

Di sisa waktu, Riedl harus bisa memaksimalkan pemain-pemainnya untuk lebih menyatu dan mampu memperbaiki komunikasi antarlini. Selain itu, perlu ada alternatif strategi, saat dua gelandang di tengah, tak mampu menghidupkan permainan Indonesia. 

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor imbang 2-2 tak berubah. Pada laga persahabatan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Myanmar di Yangon pada 4 November mendatang. Sebelum tiga hari kemudian gantian bertandang ke markas Vietnam. (dkk/ies/JPNN/JPG) 

Berita Terkait