Pasukan Pemadam Bersihkan Got

Pasukan Pemadam Bersihkan Got

  Sabtu, 12 December 2015 09:49
BERSIHKAN : Puluhan anggota BPK Yayasan Dharma Bhakti saat membersihkan sampah di saluran drainase di Kota Ketapang. AHMAD SOFI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

KETAPANG – Prihatin dengan kondisi drainase di Kota Ketapang, puluhan anggota Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Yasasan Dharma Bhakti Ketapang membersihkan got di beberapa jalan raya Kota Ketapang. Tujuannya untuk mengatasi genangan air akibat hujan.

Ketua Badan Pemadam Kebakaran Yayasan Dharma Bhakti, Candra, mengatakan, selama ini yang menjadi permasalahan utama saat musim hujan adalah genangan air di mana-mana. Hal tersebut disebabkan oleh tersumbatnya atau tidak berfungsinya saluran air dengan baik. Mulai dari tertutup sampah, hingga penutupan saluran untuk pembangunan.

"Ada sekitar 30 anggota kami yang turun untuk membersihkan got atau saluran air. Karena kalau got tidak dibersihkan ketika hujan akan menyebabkan gennagan air. Ini inisiatif dari kita sebagai bentuk kepedulian," katanya, kemarin (11/12). Ia menjelaskan, ada beberapa titik drainase di Kota Ketapang yang dibersihkan. Di antaranya di Jalan A Yani kompleks Pasar Baru, Jalan M Tohir, Jalan Jenderal MT Haryono dan beberapa lokasi lainnya di sekitar Kota Ketapang. Kegiatan membersihkan sampah di got ini sudah berlangsung sejak tiga hari lalu.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan selama memang masih dibutuhkan. Bahkan tadi ada Pak Kapolres Ketapang meninjau kegiatan ini. Jadi kedepan ada rencana bakti sosial ini akan dilakukan bersama-sama Polisi dan TNI juga," jelasnya. Pihaknya saat ini juga sedang mendata lokasi-lokasi got mana yang akan dibersihkan. Jika sudah didata baru akan dibersihkan bersama Polri dan TNI tersebut. "Sekarang kita data area dahulu baru nanti kerja bersama-sama membersihkannya," ungkap Candra.

Untuk memudahkan proses pembersihan, pihaknya menggunakan truk pemadam untuk menyemrot sampah dalam got. Sampah dalam got digali dan dimasukkan dalam pikup yang juga disediakan. Kemudian Sampah tersebut dibuang ke tempat penumpukan sampah. "Kita harap kegiatan ini bisa mengatasi persoalan genangan air di jalan Ketapang ini," harapnya.Kepada masyarakat ia mengimbau agar peduli terhadap lingkungan sekitar. Masyarakat jangan membuang sampah sembarangan. Kepada pimilik ruko diharapkannya menjaga dan paling tidak membersihkan got di tempat masing-masing jangan sampai kotor. (afi)

 

Berita Terkait