Pasca-Sail Banyak Pengagum

Pasca-Sail Banyak Pengagum

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Pantai Pulau Datok Dibanjiri Pengunjung

SUKADANA – Satu minggu usai perhelatan Sail Selat Karimata 15 Oktober lalu, Pantai Pulau Datuk Sukadana kembali dibanjiri pengunjung, Minggu (23/10). Kepadatan tersebut telah terlihat sejak pagi hari.

Satu persatu kendaraan berupa sepeda motor maupun mobil terus berdatangan dari berbagai daerah. Salah satunya Kabupaten Katapang. Namun satu hal yang sangat disayangkan, tidak terlihat satu pun petugas yang mengatur lajur lalu lintas di pantai tersebut. Akibatnya, arus kemacetan pun tidak dapat terhindarkan.

Mengenai hal ini, diakui salah satu pengunjung dari Kabupaten Ketapang, Tisa (25). Dia menceritakan bagaimana saat berada di pantai bersama keluarganya, para pengunjung sangat padat. Bahkan, lanjut dia,  kemacetan sempat mewarnai di sisa lokasi kegiatan puncak acara Sail Selat Karimata pada 15 Oktober lalu. “Sempat macet di pantai. Mungkin tidak ada yang mengatur lalu lintas kali ya? Sebenarnya sangat disayangkan itu terjadi. Seandainya ada yang mengatur mugkin kemacetan tidak terjadi. Pengunjung pun akan merasa nyaman untuk mengisi hari liburnya,” katanya.

Ke depannya, ia menyarakan agar pihak terkait, baik itu dari Dinas Pariwisata setempat atau yang lainnya, benar-benar dapat mengelola pantai  dengan baik. Tentunya, sambung dia, dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait lainnya. “Mudah-mudahan tidak terjadi lagi lah seperti  itu nanti. Jadi tidak ada yang parkir seenaknya di jalan, sehingga terjadi kemacetan,” sarannya.

Terpisah, mengenai hal ini, kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Pariwasata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kayong Utara, Mas Yuliandi, tak memungkiri jika saat ini penanganan di lokasi pantai belum ada tindak lanjut. Dia juga mengaku belum ada pengkoordinasian. Hal tersebut, dikatakan dia, tentu tidak lepas dari kesibukan pasca-Sail kemarin.

“Memang belum kita koordinasikan. Ke depannya rencananya kita akan melibatkan lintas sektor. Jadi tidak hanya pariwisata saja. Untuk pengaturan lalu lintas ada leading sector terkait. Bisa saja dari Dishub, Sat Pol PP, dan nanti untuk pengamananya pihak kepolisian setempat akan kita libatkan,” sambung Yuliandi, Minggu (23/10) di Sukadana.

Sementara itu, guna menerapkan hal tersebut, ke depannya dia berencana akan melakukan rapat terlebih dahulu. Tentunya mereka akan melibatkan Bupati, karena hal itu sudah direncanakan. “Bersama Pak Bupati kita akan melakukan koordinasi. Tentunya melibatkan beberbagi pihak. Karena untuk kemarin kita memang sibuk pasca-Sail,” ucapnya.

Mengenai lokasi wisata di Pantai Pulau Datok, Yuliandi mengharapkan dapat dikunjungi oleh wisatawan luar, dan tidak hanya dari lokal saja. “Paling tidak dengan adanya Sail kemarin, dapat mengajak para wisatawan. Yang tidak hanya wisatawan lokal saja,” doanya. (dan)

Berita Terkait