Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan Diserbu Pengunjung

Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan Diserbu Pengunjung

  Kamis, 23 November 2017 19:57

Berita Terkait

PONTIANAK-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pontianak menggelar pasar murah sebanyak 750 paket kebutuhan pokok, Kamis (23/11). 

Paket kebutuhan pokok ini tidak hanya untuk peserta jaminan sosial untuk kategori formal tapi juga informal. Bahkan BPJS juga memberikan kesempatan sektor informal yang belum terdaftar bisa mendaftar sekaligus mendapatkan paket sembako ini. 

Pasar murah ini digelar di halaman kantor BPJS Ketenagakerjaan, dalam rangkaian HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan. Paket sembako yang dijual berisikan beras lima kilo, gula dua kilo, minyak goreng dua liter,  teh celup kotak, kecap, susu kental manis kaleng dan mie instan tiga bungkus. 

"Paket ini senilai Rp150 ribu, tapi kami jual hanya Rp60," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak, Adi Hendrata. 

Untuk sektor informal yang belum menjadi peserta bisa membeli paket bahan pokok ini senilai Rp76.800. Dimana harga paket Rp60 ribu dan Rp16.800 adalah iuran kepesertaan untu satu bulan. Dengan iuran itu, pekerja tersebut bisa mengikuti dua program, jaminan kematian dan kecelakaan kerja. 

"Harapan kami mereka yang belum menjadi peserta, ketika ikut pasar murah mendaftar dan langsung menjadi peserta, tidak hanya satu bulan tapi seterusnya. Tapi iuran yang dibayar itu hanya untuk satu bulan saja," jelas Adi. 

‎Menurut Adi pasar murah itu sengaja digelar di halaman kantor sebagai cara untuk mengenalkan lebih luas tentang BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas. Dengan begitu masyarakat bisa tahu program-program BPJS yang memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat.

Dalam kegiatan itu ia juga menyampaikan bahwa perusahaan skala besar wajib mengikutsertakan pekerjanya sebagai peserta jaminan sosial. Ada empat program jaminan sosial yang wajib diikuti. Sedangkan perusahaan menengah hanya wajib mengikuti dua program jaminan sosial saja. 

Selain pasar murah, BPJS Ketenagakerjaan pun sebelumnya sudah menggelar donor darah. Ada 100 kantong donor darah yang disiapkan. Baik dari peserta maupun masyaraat umum yang ingin mendonorkan darah. Kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak. (mse)

Berita Terkait