Pasangan Petahana Tumbang , Atbah-Hairiah Klaim Unggul

Pasangan Petahana Tumbang , Atbah-Hairiah Klaim Unggul

  Kamis, 10 December 2015 09:56
IKUT MEMILIH: Pelaksanaan Pilkada Serentak di Kalbar berjalan dengan kondusif. Warga yang memiliki hak pilih telah menggunakan suaranya. Termasuk bagi pasien rumah sakit RSUD Ahmad Diponegoro, Kapuas Hulu. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS - Mengejutkan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas nomor urut dua Atbah Romin Suhaili - Hairiah untuk sementara unggul dalam perolehan sementara hasil penghitungan Pilkada Sambas 9 Desember 2015.

Berdasarkan data Tim Koordinasi dan Monitoring Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2015‎ pukul 20.30, Rabu (9/12) diketahui bahwa pasangan Atbah Romin Suhaili – Hairiah mendapatkan suara sebesar 99.726 (53,28%). Sedangkan posisi kedua diraih pasangan petahana, Juliarti Djuhardi Alwi – Hasanusi dengan jumlah suara sebesar 70.678 (37,76%). Sementara pasangan nomor urut satu, Tony Kurniadi – Eka Nurhayati memperoleh suara sebesar 16.783 (8,97%). Jumlah surat suara yang masuk sebanyak 187.187.

 Atbah yang ditemui di posko pemenangannya mengatakan, berdasarkan perhitungan yang dilakukan timnya, mereka memperoleh suara signifikan. Atbah mengklaim suara mereka menembus angka 54 persen, dari data 556 TPS yang telah masuk. Perlu diketahui, jumlah TPS di Sambas berjumlah 1.098. “Saya 100 persen yakin angka ini valid dan akurat meski belum resmi karena data yang resmi nantinya ada di KPUD Sambas,” ungkapnya kepada Pontianak Post.

Atbah mengatakan, jika angka ini bertahan hingga 100 persen suara TPS masuk ke timnya, maka hal ini merupakan kemenangan masyarakat Sambas. “Alhamdulilah melihat perolehan suara yang masuk itu dan saya lihat begitu signifikan ini dikarenakan animo masyarakat yang sangat antusias,” katanya.

Bahkan ia memprediksi angka lebih dari itu, selain itu hasil survei sebelumnya yang dilakukan timnya pasangan Atbah-Hairiah mendapat tempat di masyarakat.“Kami adalah pasangan alternatif yang dipilih masyarakat. Kami punya program biasa-biasa saja, kami bersahaja apa adanya dan kami mencintai rakyat kami. Kami mempunyai niat baik untuk mewujudkan harapan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu pasangan calon Wakil Bupati Sambas nomor urut 2,  Hairiah, mengatakan, terkait hasil akhir perhitungan pihaknya menyerahkan secara penuh kepada KPUD Sambas. “Kami menghargai kerja teman-teman (Tim Quick Real Count Atbah-Hairiah, red) terkait data yang telah diinput hingga saat ini. Namun data resmi tetap harus menunggu KPUD," ucap Hairiah. Hairiah meminta KPU dan penyelenggara pemilu untuk benar-benar mengawal proses perhitungan suara. “Ini semua demi demokrasi di Sambas. Masyarakat menginginkan situasi yang aman, demokratis, dan Sambas lebih baik,” katanya.

Tampak sejak ditutupnya penghitungan di TPS-TPS, posko pemenangan Atbah-Hairiah padat didatangi masyarakat. Satu per satu pengunjung datang menyalami dan memeluk Atbah sembari mengucapkan selamat atas kemenangan diraih.  Terpisah, Calon Bupati Nomor Urut 1, Tony Kurniadi secara tegas mengaku legowo menerima apapun hasil pemilihan kepala daerah ini. Tony mengatakan, berdasarkan informasi yang berkembang, saat ini untuk sementara waktu memang pasangan Atbah-Hairiah mendapatkan perolehan suara signifikan.

“Saya Tony Kurniadi mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas Atbah-Hairiah. Dan tidak lupa saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sambas yang sudah memilih pasangan Tony-Eka pada pilkada ini. Kami selama ini juga sudah maksimal dengan doa dan usaha yang dilakukan,” ungkapnya.  Ia berharap di bawah kepemimpinan Atbah-Hairiah ini Kabupaten Sambas menjadi lebih baik. “Mudah mudahaan di bawah kepemimpinan Atbah-Hairiah Sambas lebih baik ke depannya. Ia juga mengapresiasi kinerja KPUD Sambas dan penyelenggara pilkada, pihak keamanan sehingga pilkada ini berjalan dengan aman dan tertib. (har)

 

Berita Terkait