Pasang Baliho Tengkorak

Pasang Baliho Tengkorak

  Senin, 28 March 2016 09:21
Kamto

Berita Terkait

UNTUK menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalur Jalan Lintas Selatan, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Kapuas Hulu memasang baliho peringatan bagi pengguna jalan raya. Baliho yang bergambarkan tengkorak ini sudah dipasang mulai dari Kecamatan Kalis hingga Hulu Gurung. Gambar tengkorak tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu berhati-hati.

Baliho bertuliskan merah ini berisi pesan tertib lalu lintas. Pesan tersebut disampaikan, mengingat banyaknya lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu. Selain memasang spanduk, Satlantas juga bersosialisasi kepada masyarakat terkait tertib berlalu lintas. Hal tersebut dilakukan mereka demi pencegahan lakalantas dan menekan angka tersebut di Kapuas Hulu ini.

“Ada delapan baliho sudah kami pasang. Ini salah satu terobosan dari Satlantas Polres Kapuas Hulu dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Isi dari baliho berupa pesan informatif, peringatan bagi pengendara kendaraan, agar mereka dapat lebih hati-hati pada saat mengendarai kendaraanya,” terang Iptu Kamto, kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Kapuas Hulu, Minggu (27/3) pagi.

Lebih lanjut Kamto menjelaskan jika baliho tersebut sengaja dipasang, sebagai langkah awal mengingatkan pengemudi jalan yang ugal-ugalan. Baliho peringatan ini dipasang mereka di titik rawan kecelakaan, yang  tidak jauh dari Polsek yang ada berada di Jalan Lintas Selatan. “Setiap Polsek kami bagi 2 – 3 baliho peringatan, mulai dari Kalis hingga Kecamatan Hulu Gurung,” kata mantan anggota Polres Sintang ini. "Kami akan cetak enam baliho lagi untuk Polsek yang lain," janji dia.

Kamto tak memungkiri jika selama ini titik ruas jalan dari Kecamatan Kalis hingga Hulu Gurung maupun sebaliknya, rawan terjadi lakalantas. Kebanyakan yang mengalaminya, diakui dia, meninggal dunia. "Hingga bulan Maret ini, di jalan lintas selatan, sedikitnya 5 – 6 pengendara tewas di jalan,” terangnya.

Kamto berharap dengan pemasangan baliho tersebut, masyarakat dapat berhati-hati saat mengenderai kendaraan. Selain itu ia mengingatkan masyarakat agar tetap menggunakan kelengkapan berkendara, baik berupa surat menyurat maupun helm. "Mudah-mudahan dengan adanya peringatan seperti ini, angka kecelakaan turun," kata Kamto berharap.(aan)

Berita Terkait