Paris Saint-Germain vs Chelsea, Paris yang Bakal Meraih Victory Kedua

Paris Saint-Germain vs Chelsea, Paris yang Bakal Meraih Victory Kedua

  Selasa, 16 February 2016 13:38

Berita Terkait

PARIS – Dalam sejarah Liga Champions, belum pernah ada tim yang berhadapan dalam tiga musim beruntun seperti yang dialami oleh Paris Saint-Germain (PSG) dan Chelsea saat ini.Karena itu, Opta pun sampai menjuluki pertemuan keduanya sebagai pertemuan paling ikonik di Liga Champions.

Dalam dua pertemuan terakhir, baik Chelsea maupun PSG berbagi satu kemenangan dan satu kali seri. Hanya, dalam pertemuan kelima, di Parc des Princes dinihari nanti, Chelsea diprediksi bakal pulang dengan kekalahan.Padahal, secara statistik penampilan, klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu tengah meningkat, terutama sejak dibesut Guus Hiddink pada 17 Desember lalu.

Mereka tak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan terakhir Premier League, dengan statistik empat kemenangan dan enam kali imbang.   Apalagi, statistik lini depannya juga tengah oke. Terutama keberhasilannya dalam membangkitkan kembali insting membunuh Diego Costa di depan gawang. Dalam 10 laga terakhir, striker timnas Spanyol itu sukses mencetak delapan gol.

Namun, satu hal yang membuat pelatih 69 tahun itu merasa anak asuhnya bakal kesulitan sekedar meraup hasil seri adalah lubang yang begitu menganga di barisan belakang.Ini setelah kapten John Terry harus diganti di menit 38, saat Chelsea menggulung Newcastle United 5-1 Minggu dinihari kemarin (14/2).

Bek 35 tahun itu mendapat masalah dengan hamstring-nya sehingga harus mundur dan digantikan oleh Baba Rahman.Terry pun mengikuti serangkaian tes, dan pada sesi latihan terakhir, sebagaimana dilaporkan Sky Sports, dia sempat mengikuti sesi latihan terakhir tim sebelum bertolak ke Paris.

Namun, dalam konferensi pers setelah melawan Newcastle, Hiddink secara tidak langsung mengungkapkan bahwa dia tidak berani menurunkan Terry melawan PSG. ”Sebab, idealnya, pemain membutuhkan waktu istirahat tiga hari. Sementara waktu yang kami punya hanya dua hari. Tidak hanya untuk Terry, namun juga seluruh pemain,” seloroh Hiddink sebagaimana dilansir Daily Mail.

Jika Terry sampai absen dinihari nanti, maka jantung pertahanan hanya menyisakan Gary Cahill sebagai bek tengah murni setelah Kurt Zouma juga harus menepi karena cedera lutut.Kalau itu terjadi, maka ada tiga opsi yang dipunyai oleh pelatih yang membawa Korea Selatan menapak ke semifinal Piala Dunia 2002 silam tersebut.

Yang pertama, Hiddink bisa memberikan kesempatan kepada Baba Rahman untuk menjadi starter di jantung pertahanan The Blues, julukan Chelsea.Kemudian yang kedua, Branislav Ivanovic yang selama ini berposisi sebagai bek kanan bakal dirotasi untuk berduet dengan Cahill, sementara Rahman bakal dipasang di pos yang ditinggalkan Ivanovic.

Ivanovic tidak asing dengan posisi bek tengah karena dia bermain di posisi tersebut dalam 109 laga sejak berkostum Chelsea pada 2008 silam. Atau yang terakhir, Hiddink bisa memberikan kesempatan debut kepada bek muda Amerika Serikat, Matt Miazga.

”Karena itu, dalam dua sesi latihan ke depan, aku tidak akan terlalu menguras fisik pemain karena mereka butuh recovery cukup,” jelas Hiddink.

Selain peliknya kondisi lini belakang, Hiddink juga dihadapkan pada fakta bahwa Les Parisiens, sebutan PSG, begitu superior pada musim ini dengan hanya menelan satu kekalahan, yaitu ketika ditundukkan 0-1 oleh Real Madrid di fase grup, 3 November.

Di liga, mereka seperti juggernaut dengan tak terkalahkan. Mencatat 22 menang dan empat kali seri. Meninggalkan gap yang sangat lebar dengan AS Monaco, yang berada di posisi runner up, dengan 24 poin.Selain itu, pelatih Laurent Blanc pun bisa menurunkan kekuatan terbaik dengan mengistirahatkan sejumlah pemain pilar ketika ditahan imbang 0-0 oleh Lille Minggu dinihari.

Zlatan Ibrahimovic, Blaise Matuidi, Adrien Rabbiot, maupun Javier Pastore berada dalam kondisi segar.PSG pun minus Serge Aurier yang diskorsing oleh klub. Walau begitu, Gregory van der Wiel memiliki kecakapan untuk meng-cover pos Aurier. WhoScored mencatat Van der Wiel turun di 13 pertandingan di semua ajang musim ini.

Hiddink pun menyadari bahwa skuadnya bisa dikatakan menyandang status underdog dengan raksasa Prancis tersebut.”Tapi, kami datang dengan kepercayaan diri yang besar. Kami bakal menunjukkan ketika melawan PSG,” janji Hiddink. (apu)

 

 

 

Perkiraan Pemain

 

 

 

Paris Saint-Germain (4-3-3): 16-Trapp (g); 23-Van der Wiel, 2-Silva (c), 32-Luiz, 17-Maxwell; 27-Pastore, 6-Veratti, 14-Matuidi; 7-Moura, 10-Ibrahimovic, 11-Di Maria

 

Pelatih: Laurent Blanc

 

 

 

Chelsea (4-2-3-1): 13-Courtois (g); 2-Ivanovic, 24-Cahill, 26-Terry (c), 28-Azpilicueta; 12-Obi Mikel, 21-Matic; 22-Willian, 4-Fabregas, 10-Hazard; 19-Costa

 

Pelatih: Guus Hiddink

 

 

 

Stadion: Parc des Princes, Paris

 

 

 

Wasit: Carlos Velasco Carballo

 

 

 

Live: beIN Sport 1 & RCTI, 02.00

Berita Terkait