Pantau Kondisi Cuaca

Pantau Kondisi Cuaca

  Kamis, 11 February 2016 09:59
MEMOTONG POHON: Hujan lebat dua pohon tumbang di Wajok Hilir, Selasa (9/2) sore. Arus lalu lintas di km 12,4 macet. Warga pun tanggap. Meski hujan deras mengguyur mereka gotongroyong memotong dan mengalihkan pohon yang menghalangi jalan, hingga lalulintas normal. WAHYU IZMIR/ PONTIANAKPOST

Berita Terkait

CUACA ekstrem belakangan ini kerap memakan korban. Baik di darat mau pun di laut. Kejadian kapal diterjang ombak besar dan lainnya. Masalah cuaca ini pun mendapat perhatian khusus dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mempawah.

DKP melakukan pantauan terhadap perubahan cuaca di wilayah perairan. Jika situasi memburuk, maka segera ditindaklanjuti kepada para nelayan setempat.“Sejauh ini kita belum mendapatkan pemberitahuan berkenaan dengan kondisi cuaca dari BMKG Pontianak. Biasanya, jika ada cuaca ekstrem yang berdampak terhadap gelombang tinggi diwilayah perairan kita maka BMKG akan menyampaikan pemberitahuan,” tutur Kepala DKP Mempawah, H. Imansyah.

Tak cuma di laut, di darat beberapa kejadian yang untungnya tidak sampai membuat korban jiwa terjadi. Beberapa waktu lalu, tiang listrik ambruk. Dan kini, pohon-pohon tua pun bertumbangan.‘’Kita berharap kepada dinas bersangkutan untuk menebang pohon tua di pinggir jalan yang memungkinkan tumbang saat angina kencang,’’ ujar Amin, salah seorang warga, menyikapi pohon tumbang di kawasan Wajok Hilir, Selasa (9/2) sore lalu. Apalagi, akibat tumbangnya pohon itu arus lalulintas dari arah Pontianak maupun Mempawah macet sepanjang lima kilometer.

Beruntung warga pun sigap dan sesegera mungkin menyingkirkan kayu-kayu meski hujan mengguyur deras. Berita lengkap baca halaman 19.Selain itu BMKG mengimbau kelompok nelayan, agar mengingat cuaca yang tak menentu agar tetap waspada saat melaut. (wah)

Berita Terkait