Pantau Kambtimbas Polres Operasikan Drone

Pantau Kambtimbas Polres Operasikan Drone

  Kamis, 28 July 2016 09:30
DRONE: Polres Sintang operasikan drone. FOTO IST

Berita Terkait

SINTANG - Polres Sintang mengoperasikan drone guna membantu memantau kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kambtibmas). Drone yang dioperasikan  Polres mempunyai daya jelajah sejauh 5 kilometer. Demikian kata Kapolres Sintang AKBP Suharjimantoro, kemarin.

 
Menurut Kapolres dua unit drone yang akan diterbangkan dalam memantau kondisi kambtibmas. Untuk sementara drone dioperasikan hanya di dalam kota Sintang.

Kapolres menambahkan, tiap drone yang dioperasikan  dilengkapi kamera digital.  Pantauan drone diperuntukkan bisa  sampai menjelajah sampai  Sungai Durian, sepanjang Jl. MT. Haryono dari BTN Cipta Mandiri. Kemudian  Pasar Inpres Tanjung Puri, sampai Kapuas Kanan Hilir.

“Kamera di drone buat membantu memantau situasi dilapangan bagi petugas Patroli. Pengoperasian drone dikendalikan dari Polres Sintang oleh anggota yang terlatih,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, pengoperasion drone selain memantau keamanan juga untuk melihat   ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Diharapkan dengan pengoperasian drone dapat terpantau langsung situasi keamanan dalam kota Sintang khususnya melalui aplikasi yang terhubung dengan  pusat operasi atau PMC (Police Management Center) di Polres Sintang,” kata Kapolres.

Sementara pengoperasian drone mengacu pada sispam Kota yang ada. Adapun ujicoba penerbangan perdana drone berlangsung pada Senin kemarin. Menyaksikan  ujicoba tersebut Kapolres didampingi pejabat utama Polres Sintang. (stm)

Berita Terkait