Pantau Iklim dan Kualitas Udara Melalui Smartphone

Pantau Iklim dan Kualitas Udara Melalui Smartphone

  Selasa, 13 September 2016 10:41

Berita Terkait

PADA perubahan cuaca, sering ditemukan perubahan suhu dan kelembaban secara tiba-tiba. Tubuh harus beradaptasi ekstra keras terhadap perubahan ini, sehingga cukup menganggu bagi siapa saja yang melakoni aktivitas di luar ruangan. Janji bertemu teman atau pun klien bisnis pun kadang harus telat, bahkan batal akibat terjadi hujan lebat yang turun mendadak atau terik panas matahari yang membuat enggan beranjak untuk keluar ruangan. Cuaca yang berubah secara ekstrim memang tak bisa dielakkan oleh siapapun. Namun, kondisi tersebut dapat diantisipasi secara dini bila kita memiliki informasi terkait kondisi cuaca yang terjadi.

 
Kemajuan teknologi yang membuatnya semakin mempermudah bagi siapa saja untuk mendapatkan akses informasi cuaca, tanpa harus datang ke kantor stasiun penyedia jasa informasi cuaca. Dimana jarak dan waktu yang tak memungkinkan untuk menjangkaunya dengan cepat. 

Kondisi tersebut, yang membuat pihak Stasiun Klimatologi Siantan mempermudah dalam mendapatkan akses informasi prakiraan cuaca. Hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut, informasi terkait iklim dan kualitas udara terupdate di Kalimantan Barat bisa dilihat dengan mudah dan nyaman hanya dengan genggaman di handpone saja.

Aplikasi yang diberi nama SiApiKU Kalbar resmi diluncurkan pada 18 Agustus lalu. Aplikasi yang berbasis android ini sudah tersedia di play store bila ingin mendownloadnya. Informasi yang ada di aplikasi cukup membantu bagi siapa saja yang membutuhkan informasi dibidang prakiraan cuaca.

Menurut prakirawan cuaca Kantor Stasiun Klimatologi Siantan, Ida Sartika Nuraini menjelaskan, bahwa tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh Stasiun Kilmatologi Siantan yang berada di Desa Sungai Nipah, Kabupaten Mempawah adalah melaksanakan tugas pengamatan, pengumpulan dan penyebaran data, pengolahan dan melakukan analisis dari kondisi cuaca. Selain itu juga, pihak stasiun memberikan jasa layanan informasi klimatologi dan kualitas udara serta melakukan pengamatan meteorologi.

“Dengan mengembangkan aplikasi berbasis android yang bisa diakses oleh siapa saja, merupakan kemudahan bagi kami dalam penyebaran informasi terkait cuaca, iklim dan kualitas udara kepada masyarakat,” katanya.

Ida menambahkan, aplikasi SiApiKU adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Iklim dan Kualitas Udara Kalimatan Barat merupakan aplikasi yang berisikan informasi dengan fitur-fitur yang membantu masyarakat agar dengan mudah mengakses informasi terkait cuaca, iklim, kualitas udara, titik hotspot dan gempa bumi. Selain itu, ada fitur-fitur menunjang lainnya dalam aplikasi tersebut. Mencakup informasi cuaca berdasarkan lokasi, informasi prakiraan hujan dalam 3 bulanan kedepan di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Aplikasi ini merupakan salah satu media yang digunakan oleh Stasiun Klimatologi Siantan Pontianak untuk mendiseminasikan produk-produk cuaca, iklim dan kualitas udara di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Dia mengharapkan agar aplikasi yang telah dikembangkan oleh pihak Stasiun Klimatologi Siantan ini bisa didownload oleh masyarakat luas. Masyarakat yang telah memasang aplikasi di handphone nya, bisa mendapatkan memanfaat berupa informasi terkait iklim dan kualitas udara terupdate di Kalbar dengan cara yang mudah, cepat dan mudah dipahami.

“Kita bersyukur bahwa masyarakat memberikan respon baik terhadap aplikasi ini, karena sudah ada masyarakat yang mendownload aplikasi ini di play store dan merasakan manfaatnya secara langsung. Kedepannya tidak menutup kemungkinan pihak kami bakal mengembangkan sistem operasi yang lain, dan ada pembaruan berkala,” pungkasnya.(yad)

 

Berita Terkait