Pantai Pulau Datok Ditutup

Pantai Pulau Datok Ditutup

  Rabu, 14 September 2016 09:44
DITUTUP: Salah satu petugas Sat Pol PP untuk sementara waktu memberikan arahan kepada para pengunjung agar tidak berkunjung ke kawasan objek wisata Pantai Pulau Datok.

Berita Terkait

SUKADANA – Untuk sementara waktu kawasan objek wisata Pantai Pulau Datok di Sukadana, ditutup. Penutupan tersebut mengingat kawasan itu masih dalam proses pengerjaan pembangunan untuk perhelatan Sail Selat Karimata yang akan dilaksanakan 15 Oktober mendatang.

 

Berdasarkan pantauan di lapangan, pantai yang akan menjadi lokasi pusat kegiatan akbar mendatang tersebut terlihat sepi. Padahal biasanya pada saat libur sepeti saat ini, Iduladha, dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Sementara yang terlihat sejauh ini hanya lalu lalang pengendara sepeda motor yang kebetulan bermukim di kawasan pantai tersebut.

 

Pada pintu masuk dan pintu keluar terlihat dijaga oleh beberapa anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Kayong Utara. Di saat pengunjung ingin berkunjung di pantai, salah satu petugas pun memberikan arahan agar untuk sementara tidak masuk ke pantai. Masih terlihat kesibukan mereka dalam pengerjaannya. Untuk itu, petugas pun mengalihkan ke lokasi wisata lainnya, seperti Pemandian Air Paoh, Pantai Pasir Mayang, dan Patai Tambak Rawang, yang juga terdapat di Sukadana ini.

Mengenai hal ini, dikatakan kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kayong Utara, Mas Yuliandi, mengatakan, untuk sementara waktu Pantai Pulau Datok ditutup hingga menjelang Sail Selat Karimata, 15 Oktober mendatang. Karena, sambung dia, lokasi tersebut masih dalam proses pengerjaan pembangunan. Hal tersebut, ditegaskan dia, tentunya berdasarkan instrusksi langsung dari Bupati Kayong Utara Hildi Hamid.

“Walau Pantai Pulau Datok untuk sementara ditutup, mengingat lokasi tersebut masih dalam tahap pengerjaan, Pemerintah Daerah memberikan alternatif untuk dapat mengunjungi Pantai Pasir Mayang dan Tambak Rawang, atau pemandian air Paoh yang lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Pulau Datok,” terang Yuliandi, di Sukadana, Selasa (13/9). 

Yuliandi menambahkan, selain itu, pengerjaan pembangunan di Pantai Pulau Datok ditargetkan pada akhir September harus sudah selesai. Dia juga menambahkan, pada awal Oktober nanti, persiapan lainnya sudah masuk ke pantai, seperti pemasangan tenda dan lainnya.

“Selain itu di pantai juga banyak terdapat alat berat dan masih dalam tahap pengerjaan. Hal ini juga dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menyangkut juga keselamatan dan keamanan pengunjung,” ucapnya.

Terkait hal ini, Yuliandi mengharapakan kepada masyarakat untuk dapat memahami mengenai apa yang telah diinstruksikan oleh pemerintah setempat. Tujuannya, sambung dia, agar pada Sail Selat Karimata yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok nantinya dapat berjalan dengan baik, sesuai apa yang diharapkan.

“Saya berharap mudah-mudahan para pengunjung yang biasanya pada libur Iduladha berlibur di Pantai Pulau Datok dapat bersabar untuk sementara waktu. Demi suksesnya Sail Selat Karimata nanti,” harapnya. 

Terpisah, kepala Kecamatan (Camat) Sukadana, Syahrial Solihin, menuturkan jika dirinya setuju dengan apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Sementara waktu menutup kawasan Pantai Pulau Datok, sulit diprediksi dia, mengingat lokasi tersebut masih dalam tahap pembangunan. 

“Tentunya memiliki alasan, kenapa sementara waktu Pantai Pulau Datok itu ditutup? Hal ini juga menyangkut dengan kegiatan Sail Selat Karimata akan diberlangsung pada 15 Oktober mendatang. Belum lagi di kawasan pantai kesibukan pekerja untuk membangun masih ada. Walau demikian kita juga masih ada pantai lainnya. Seperti Pantai Tambak Rawang, Pantai Pasir Mayang, yang tidak jauh dari Pantai Pulau Datok,” tutupnya. (dan)

 

Berita Terkait