Pangkas Ratusan Pohon

Pangkas Ratusan Pohon

  Selasa, 2 Agustus 2016 09:52
PANGKAS POHON: Petugas Kebersihan, melakukan pemangkasan ratusan pohon di sejumlah titik Jalan Adisucipto Kubu Raya. Ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

Lebih dari 180 pohon sejak akhir pekan lalu akan dilakukan penebangan oleh Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kubu Raya. Penebangan pohon tersebut dilakukan di Jalan Adisucipto tepatnya mulai dari simpang terminal Soedarso hingga sekitar simpang Supadio Sungai Durian Kubu Raya.

 
Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Kubu Raya, Encep Muliadi menerangkan, jika dilihat kasat mata hampir semua pohon yang ada di sepanjang jalan seperti di Jalan Adisucipto masih layak untuk dipertahankan, namun jika dilihat lebih dekat cukup banyak batang pohon yang sudah rapuh.

“Jika pohon-pohon yang sudah rapuh itu tidak ditebang maka akan mudah tumbang saat musim angin kencang dan hujan deras. Tentunya hal ini akan membahayakan siapa saja yang melintas di bawah pohon-pohon tersebut,” kata Encep.

Berdasarkan laporan yang didapat di lapangan, kata Encep, saat petugas kebersihaan melakukan sedikit penebangan sudah ada beberapa pohon yang langsung tumbang. “Ini membuktikan bahwa pohon tersebut sudaah sangat rapuh dan tak layak untuk dipertahkankan,” terangnya.

Bagi setiap pohon yang dinilai sudah rapuh dan tidak layak dipertahankan maka akan dilakukan penebangan, namun untuk pohon yang  masih cukup baik kondisinya hanya dilakukan pemangkasan disetiap rantingnya saja, sehingga bisa menjadi lebih rindang.

Sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini, kata Encep sudah ada 76 pohon yang ditebang dan dilakukan pemangkasan.  Setelah dilakukan penebangan, selanjutnya beberapa bulan kedepan Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta dan Tata Ruang  Karya Kubu Raya akan kembali melakukan penanaman pohon. “Kalau saat ini sebagian besar jenis pohon yang ditebang dan dipangkas itu yakni Angsana dan Akasia. Nantinya bagi pohon yang ditebang akan kami lakukan penanggantian dengan pohon Trembesi dan Mahoni,” paparnya.

Jadwal penanaman pohon sendiri, biasanya kata Encep akan dilakukan jika sudah masuk musim penghujan. “Untuk bibit pohonnya saat ini kami sudah mendapatkan bantuan sebanyak 300 bibit pohon dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kubu Raya. Kalau tidak ada halangan penanaman kembali akan kami lakukukan sekitar bulan Oktober atau akhir November mendatang,” paparnya.

Secara terpisah Anggota Komisi III DPRD Kubu Raya, Suharso mendukung penuh adanya penebangan dan pemangkasan pohon tersebut. “Setahu saya sejak Kubu Raya dimekarkan hingga saat ini memang belum ada peremajaan pohon. Dengan adanya proses penanaman kembali pada pohon-pohon yang telah rapuh maka upaya penghijauan akan semakin optimal dan masyarakat akan terhindar dari musibah tertimpa pohon seperti yang pernah terjadi belum lama ini,” ucapnya.

Selain soal penghijauan, Suharso juga menginginkan agar Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kubu Raya bisa bekerja lebih optimal untuk membersihkan tumpukan sampah disejumlah titik Kubu Raya.  “Seiring dengan semakin tumbuhnya kawasn pemukiman secara tak langsung juga membuat sampah-sampah rumah tangga juga semakin banyak. Hal ini harus sejak awal diantisipasi dinas terkait agar sampah-sampah ini tidak menumpuk di satu titik,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait