Panggung Alves

Panggung Alves

  Senin, 3 Oktober 2016 11:17

VALENCIA – Aksi kiper Valencia Diego Alves sungguh bikin geleng-geleng kepala. Dua kali timnya kena penalti, dua kali pula kiper 31 tahun itu melakukan penyelamatan. Keberhasilan menyetop 18 dari 36 eksekusi penalti membuat Alves punya persentase terbaik menghadang penalti yakni 50 persen. Dan itu menjadi persentase tertinggi seorang kiper di La Liga untuk urusan penalti.

 
            Akan tetapi kisah heroik Alves tidak menyelamatkan Los Che, julukan Valencia, dari kekalahan. Kemarin (2/10) di Stadion Mestalla, Valencia disikat sang tamu Atletico Madrid dengan skor 2-0. Pada laga tersebut dua gol Los Colchoneros, julukan Atletico, dihasilkan Antoine Griezmann pada menit ke-63 dan Kevin Gameiro (90').

            Seusai laga kemarin seperti ditulis ESPN Alves tak bisa menyembunyikan kemurungannya. Meski mencatatkan performa brilian, mantan kiper Almeria dan Atletico Mineiro itu sedih timnya kalah. “Saya tak peduli berapa banyak penyelamatan yang saya lakukan. Saya tegaskan jika penyelamatan yang dilakukan membantu kemenangan saya akan senang,” ucap Alves.

            Dalam laga kemarin dua penalti yang diblok Alves adalah eksekusi Grizzy, sapaan Antoine Griezmann di menit ke-44 dan Gabi pada menit ke-69. Khusus Grizzy, ini adalah kegagalan kedua sebagai eksekutor penalti pekan ini. Sebelumnya Kamis (29/9) lalu, penalti Grizzy ke gawang kiper Bayern Muenchen Manuel Neuer pun mentah.

            Sepakan Grizzy yang mengarah ke sisi kanan atas dihalau Alves. Lalu Gabi yang mengarahkan bola dengan pelan ke sisi kiri Alves tak sulit buat ditangkap kiper asal Rio de Janeiro itu.         Sedang entrenador Atletico Diego Simeone seperti diberitakan Marca kemarin menuturkan kegagalan penalti pertama oleh Grizzy meruntuhkan mental anak buahnya. Untungnya kejadian tersebut trjadi di penghujung babak pertama. Sehingga saat turun minum, Simeone bisa memompa spirit pasukannya.

            “Langkah menyetop penalti yang pertama sungguh luar biasa. Padahal saya yakin tendangan tersebut akan 90 persen berhasil,” puji Simeone. “Selamat untuk Alves yang bermain luar biasa,” tambah pria berusia 46 tahun itu. Laga kemarin juga menjadi pengabdian terakhir Voro Gonzalez sebagai caretaker Valencia. Per hari ini (3/10) mantan pelatih Italia Cesare Prandelli akan memimpin latihan Valencia. (dra)