Pangandaran Gelar Festival Layang-layang Internasional

Pangandaran Gelar Festival Layang-layang Internasional

  Jumat, 17 June 2016 16:17

Berita Terkait

KABUPATEN Pangandaran, Jawa Barat, menebar pesona dengan menggelar Festival Layang-layang Internasional 15-16 Juli mendatang.

Raseno, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, mengatakan festival akan dilaksanakan di Lapangan Ketapang Doyong, Kecamatan Pangandara, Kabupaten Pangandaran.

"Kami mendapat laporan festival akan dimeriahkan beragam layang-layang dari Malaysia, Jepang, Thailand, dan Swedia, serta ratusan layang-layang dari bergagai provinsi di Indonesia," kata Raseno.

Rullyadi, panitia pelakana festival, mengatakan acara ini akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Pangandaran. Ia juga mengatakan festival terdiri dari berbagai lomba merakit layang-layang, lomba layang malam, lomba tarik-ulur layang, lomba melukis layang-layang, pemilihan stand terbaik, lomba foto, dan lomba layang-layang tradisional.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan event ini dipastikan akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan menyejahterakan masyarakat Pangandaran.

Tahun lalu, menurut gubernur yang biasa dipanggail Aher, event serupa meningkatkan PAD sampai 10 persen. Festival Layang-layang juga meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Tahun ini, PAD Pangandaran dari sektor wisata mencapai Rp 64 miliar, meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Aher. Peningkatkan itu terjadi akibat festival layang-layang."

Aher juga berharap pemerintah Kabupaten Pangandaran menyiapkan wilayahnya menjadi salah satu ikon wisata Jawa Barat. Keindahan pantai Pangandaran, kata Aher, salah satunya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut positif penyelenggaraan Festival Layang-layang Internasional 2016 ini. Menpar berharap banyak peserta dari luar negeri.**

Berita Terkait