Panen Sawi dengan Hidroponik

Panen Sawi dengan Hidroponik

  Senin, 27 June 2016 09:30
PANEN: Bupati Paolus melakukan panen sawi yang ditanam dengan cara hidroponik di Kecamatan Sekayam. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU - Cara tanam sayuran dengan hidroponik di Kabupaten Sanggau terus dikembangkan. Hal ini guna memberikan ruang ekonomis bagi rumah tangga untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang ada sehingga kebutuhan sayuran dapat dilengkapi secara mandiri.

Baru-baru ini, panen tanaman hidroponik jenis sawi dilakukan di Kecamatan Sekayam tepatnya dilokasi Kantor BP3K Sekayam. Panen sawi yang ditanam dengan sistim hidroponik ini turut disaksikan oleh orang nomor satu di Sanggau, Paolus Hadi.

“Hidroponik adalah pengembangan cara tanam. Cara ini harus terus dikenalkan kepada masyarakat guna menjadikan pekarangan rumah lebih ekonomis dan menghasilkan. Paling tidak untuk kebutuhan sayur sehari-hari,” jelas dia, kemarin.

Bupati sangat mendukung dengan adanya pengembangan cara tanam ini. Menurutnya, masyarakat luas sudah harus diberi sosialisasi cara melakukan penanaman dengan cara ini. Meskipun cara ini sudah tidak asing, namun masih banyak yang belum sepenuhnya bisa melakukannya.

“Ini tugas Dinas Pertanian, terutama bagi para penyuluh yang harus lebih aktif dalam pengembangan cara tanam ini. Jika ini bisa dikembangkan dan hasilnya memuaskan maka bisa dijadikan salah satu bentuk keunggulan daerah dari sektor pertanian,” terangnya.

Dia mencontohkan panen sawi dengan cara tanam hidroponik yang dilaksanakan di Sekayam merupakan kemajuan yang harus diapresiasi. Keberhasilan ini baik sebagai motivasi daerah lain untuk ikut mengembangkan cara tanam ini.

“Saya kira ini sangat bagus. Memang harus ada yang mau memulai dan berinisiatif serta berinovasi untuk mengembangkan hasil pertanian yang lebih baik,” katanya. (sgg)

Berita Terkait