Pamerkan Produk Unggulan

Pamerkan Produk Unggulan

  Sabtu, 12 November 2016 10:15

Berita Terkait

 

PONTIANAK – Pameran Kalbar Smesco Expo kembali hadir ke Pontianak tahun ini. Diselenggarakan di gedung Pontianak Convention Center (PCC) mulai Kamis(10/11) ini berlangsung hingga Minggu(13/11) mendatang.

Kalbar Smesco Expo diselenggarakan sebagai salah satu upaya menggugah kembali potensi dan kemampuan bangsa lndonesia untuk bangkit menjadi bangsa yang memiliki harga diri, bangsa yang menghargai prestasi dan karya anak bangsa sendiri serta untuk meningkatkan kembali kepercayaan kalangan dunia usaha, masyarakat konsumen dalam dan luar negeri akan kualitas yang baik dari produksi dalam negeri.

Panitia Smesco Expo, Mulyano mengatakan, melalui pameran ini diharapkan para pengusaha maupun masyarakat konsumen dalam dan luar negeri akan dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai kwalitas, kwantitas, harga dari produk atau jasa dalam negeri. “Kemudian dari pemahaman tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan minat dan permintaan masyarakat lokal maupun mancanegara terhadap produksi dalam negeri yang kita banggakan,” terangnya, Jumat (11/11) lalu.

Disamping itu dengan semakin ketatnya persaingan pasar di era globalisasi ini, maka hanya produk yang mempunyai daya saing handal akan mampu memperoleh peluang di pasar global. Oleh karena itu bangsa Indonesia dituntut agar mampu membangun daya saing produknya sebagai upaya untuk meraih pasar baru maupun mempertahankan pasar yang sudah ada.

Pameran lebih bertujuan untuk memberdayakan produk unggulan UKM & Koperasi untuk pemenuhan kebutuhan barang dan jasa di pasar lokal melalui upaya memupuk kecintaan, kebanggaan serta kepercayaan masyarakat terhadap produksi dalam negeri. Pameran ini diharapkan dapat menyajikan informasi secara visual kwalitas serta kwantitas produksi dalam negeri yang diharapkan dapat menarik minat pasar dalam negeri maupun mancanegara.

Ia menambahkan, pameran seutuhnya dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi kecintaan serta membangkitkan rasa bangga terhadap produksi dalam negeri sendiri. “Juga, Sebagai ajang pertukaran informasi dan interaksi bisnis, kontak langsung antara pemilik produk dengan konsumen yang mana diharapkan terjadinya kesepakatan kesepakatan bisnis,” katanya.

Pameran kali ini diikuti oleh UMKM dari binaan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia. Yang berisikan jasa perbankan dan produk-produk unggulan, seperti kerajinan batik, border dan fashion, furniture, garmen, aksesoris atau perhiasan, produk kulit, produk plastic, produk logam, kuliner serta produk herbal.

Diharapkan, setelah pameran ini berlangsung, dapat meningkatkan apresiasi dan peran serta segenap lapisan masyarakat terhadap pengembangan koperasi dan UMKM di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Selain itu, para peserta juga bisa mendapatkan akses peluang investasi atau permodalan bagi pengembangan koperasi dan UMKM.

“Utamanya, dapat terjalin kerja sama atau kemitraan dalam bidang teknologi dan pengembangan sumberdaya manusia dalam rangka peningkatan daya saing produk dan kualitas produk yang tinggi,” pungkasnya. (mif)

Berita Terkait