Pameran Sebagai Ajang Promosi dan Gengsi

Pameran Sebagai Ajang Promosi dan Gengsi

  Selasa, 19 April 2016 09:15
KEJAR TARGET: Mahasiswa yang tergabung dalam Sentra Batik Khatulistiwa saat membuat batik dengan teknik batik tulis, dilakukan hingga malam hari demi mengejar pameran Inacraft 2016.ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK – Ajang Inacraft merupakan event terbesar di Indonesia yang akan memamerkan produk unggulan kerajinan tradisional dari seluruh pelosok Indonesia. Event ini disebut sebagai salah satu event pameran kerajinan tradisional terbesar di Asia. Setiap tahunnya Inacraft selalu menarik perhatian masyarakat dari berbagai daerahnya.

Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perindustian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Pontianak, Gusti Umri, mengatakan, dari Kota Pontianak sendiri akan ada empat industri kerajinan yang diberangkatkan ke Jakarta pada Selasa(19/4). Hal itu sesuai dengan intruksi langsung dari Walikota Pontianak, Sutarmidji.
Industri kerajinan seperti batik khas kali ini diikutkan dan merangkul batik ala mahasiswa dari Sentra Batik Khatulistiwa Pontianak. Menurutnya, sentra batik mahasiswa itu memiliki daya tarik sendiri selama mengikuti beberapa pameran di Kalbar. “Karena batik mereka juga lebih khusus ke desain batik khas Kota Pontianak,” ujarnya.
Bagi pelaku usaha dari tiap daerah, ajang ini digunakan sebagai media promosi bagi usaha kreatif mereka, dan sebagai ajang mencari relasi dalam menjalankan bisnis mereka ke depannya.
Mewakili tiap daerahnya masing-masing, peserta pameran dibawa langsung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten/kota. Termasuk Kota Pontianak yang selalu membawa kerajinan daerah dalam pameran tersebut. Terlebih lagi, Pontianak pernah menjadi ikon dalam perhelatan Inacraft 2012 lalu.
Inacraft akan diikuti pengusaha kerajinan atau pengrajin itu sendiri dari pengrajin kecil hingga pengusaha besar dari seluruh Nusantara. Banyak cara untuk ikut dalam pameran ini. Selain mandiri sebagai pengusaha atau berkolaborasi dengan pengusaha lain, juga bisa melalui mitra binaan instansi atau tergabung dengan asosiasi. Jadi tidak harus mereka yang bermodal selangit yang bisa ikut pameran ini. (mif)

Berita Terkait