Pagelaran Sanggar Bougenville

Pagelaran Sanggar Bougenville

  Jumat, 8 December 2017 13:54
Pimpinan Sanggar Bougenville Yuza Yanis Chaniago.

Berita Terkait

Rayakan Hari Jadi ke-33
 
PONTIANAK-Sanggar Bougenville akan menggelar pementasan khusus, merayakan 33 tahun lembaga seni itu berkarya. Pagelaran Seni Tari dan Musik Sanggar Bougenville Tahun 2017 akan dilaksanakan di Taman Budaya, Jalan Ayani, Pontianak, Sabtu (9/12) mulai pukul 19.00 WIB.
 
Mengusung tema, Membangun Semangat Generasi Muda dalam Merajut Kebhinekaan, mereka ingin mendekatkan kembali generasi muda dengan kebhinekaan. Tari nusantara, musik melayu dan band kolaborasi serta drama akan ditampilkan sepanjang kegiatan.
 
Pimpinan Sanggar Bougenville Yuza Yanis Chaniago mengungkapkan pagelaran ini lebih mengutamakan semangat generasi muda dalam kebhinekaan. Generasi muda sekarang, sebagian kurang perhatian akan budaya dan tradisi.
 
"Karena itu kami mengajak anak-anak muda kota untuk lebih erat dan semangat mencintai budaya, tidak hanya budaya melayu, tapi juga budaya nusantara secara umum," terang Yuza, Kamis (7/12).
 
Sementara itu, Ketua Panitia Indah Ayuningtyas menambahkan, perkirakan ada sekitar 500 penonton akan hadir di outdoor panggung pertunjukan Taman Budaya Kalbar. Pihak panitia memang sudah mengundang instansi pemerintah terkait, donatur, alumni dan orang tua murid sanggar yang selama ini mewarnai perjalanan sanggar yang didirikan seniman Kalbar Almaruhum H M Yanis Chaniago tersebut.  Tak hanya itu, sanggar-sanggar lain yang ada pun ikut diajak bergabung.
 
"Harapannya sangat besar untuk generasi muda agar lebih memperhatikan budaya mereka sendiri," katanya.
 
Sanggar yang beralamat di Gang Bougenville, Perumnas I, Pontianak Barat ini memang telah banyak mengukir prestasi. Dalam tiga tahun terakhir saja, ada banyak yang didapat. Bukan hanya dalam kota, tapi juga luar pulau.
 
Tahun 2014, sanggar ini jadi juara umum Pentas Seni se-Kalbar, dan jadi wakil Kalbar. Hasilnya posisi runner up diraih dalam Tari Pesisir di Kalsel. Di tahun 2015, mereka dipercaya Pemerintah Kota Pontianak jadi delegasi di Konferensi Asia Afrika. Dan di tahun yang sama, mewakili Kalbar di Pekan Seni Kesenian Bali. 
 
"Pembinaan tiap minggu, kita latihan reguler untuk anak-anak di usia SD sampai kuliah. Kegiatan rutin itulah yang akan kita tampilkan dalam setiap even," pungkasnya.(bar)

Berita Terkait