Pacar Sulit Membaur dengan Teman

Pacar Sulit Membaur dengan Teman

  Sabtu, 6 February 2016 08:58

Berita Terkait

Punya pasangan tidak bisa membaur dengan teman, tentu menjadi problema tersendiri. Beragam alasan kenapa dia tidak bisa membaur. Itulah sebabnya dalam menjalin hubungan harus melakukan penyesuaian agar saling pengertian. Oleh : Marsita Riandini

Membaur dengan orang baru, termasuk dengan temannya pasangan sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Selain melatih kemampuan sosialisasi, juga menambah relasi. Penting lagi sebenarnya bisa mengetahui karakter pasangan sebenarnya seperti apa dari teman-temannya. Demikian yang disampaikan oleh Umi Kalsum, M. Psi, Psikolog kepada For Her. “Kita bisa bersosialisasi, dampaknya bagus. Bisa mengembangkan potensi diri dan kita banyak dapat informasi,” ucap psikolog di RSJD Sungai Bangkong ini.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa dengan cepat melakukan penyesuaian. Ini juga berkaitan dengan karakter masing-masing orang yang berbeda. “Jika punya pasangan yang sulit membaur dengan teman-teman kita, maka tidak bisa langsung menyalahkan. Kenali dulu karakter pasangan,” saran dia.

Kadang menurut Umi, sebenarnya bukan pasangan yang tak ingin membaur, tetapi memang dia tidak bisa dengan cepat melakukan penyesuaian terhadap orang baru. “Inilah pentingnya Anda sebagai pasangan untuk membantunya. Sering-seringlah melibatkan pasangan dalam berbagai kesempatan, terutama kumpul bersama teman-teman,” beritahu wanita 28 tahun ini.

Ketika melibatkan pasangan, tak lantas membiarkan dia begitu saja. Tetapi teman menemaninya sampai dia benar-benar bisa merasa nyaman dalam situasi tersebut. “Kadang ada yang sudah membawa pasangannya, kemudian ditinggal. Pasangannya pasti semakin menarik diri dan sulit untuk membaur,” ujar dia.

Banyak kasus seseorang memilih putus dari pasangannya, lantaran tidak bisa membaur dengan temannya. Dia merasa pergaulannya dibatasi, bahkan mungkin teman-teman menganggap pacarnya itu sombong. Lantas bagaimana jika menghadapi kasus seperti ini? Dikatan Umi, hal penting selain mengetahui karakter pasangan, cobalah untuk memperbaiki komunikasi. Sampaikan apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga boleh jadi dia mengerti. Apalagi gurauan saat berkumpul kerap kali diluar batas. Bila tak tahan hati, rasa cemburu bisa menimbulkan konflik bersama pasangan. “Kalau sudah sampai pada rasa cemburu, bahkan berlebihan maka pasangan juga harus tegas. Apalagi memang jika rasa cemburu itu tidak beralasan,” tutur dia.

Berikan pengertian kepadanya bahwa lelucon antar teman itu biasa. Tetapi jika sudah dijelaskan, tetap saja tidak memberikan efek yang baik, maka keputusan kembali pada diri masing-masing orang. “Kalau merasa hubungan tidak nyaman, tergantung pada masing-masing orang. Ada yang mungkin masih bisa mempertahankannya, tetapi ada pula yang bahkan memilih berpisah,” papar dia. Lain halnya jika teman-teman pasangan itu pergaulannya negatif. Tentu hal ini harus segera diantisipasi. “Kalau ternyata teman-teman pasangan itu perilakunya negatif, ini wajar jika dia tidak bisa membaur. Bahkan tak ada salahnya menyampaikan kepada pasangan, bahwa sebenarnya tidak nyaman berada diantara teman-temannya dengan alasan yang masuk akal,” pungkasnya. **

Berita Terkait