Pabrik MPV Beroperasi 2017

Pabrik MPV Beroperasi 2017

  Sabtu, 9 April 2016 10:55
ANDALAN: Mitsubishi memajang sejumlah kendaraan andalannya di IIMS 2016. GOH CHAI HIN / AFP

Berita Terkait

JAKARTA – Besarnya pasar kendaraan jenis multiguna atau MPV (multipurpose vehicle) telah mengundang banyak investasi ke Indonesia. Salah satunya adalah Mitsubishi yang sedang mengebut pembangunan pabrik MPV senilai USD 600 juta atau sekitar Rp7,9 triliun di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Hisashi Isimaki menyatakan, investasi tersebut adalah bentuk komitmen Mitsubishi di pasar otomotif Indonesia. ’’Pembangunan pabrik kami di Deltamas, Karawang, sudah mencapai 83 persen. Masih sesuai dengan jadwal untuk memproduksi MPV pada 2017,’’ ujarnya di sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, kemarin (8/4).

Selain MPV, pabrik itu akan digunakan untuk memproduksi Pajero Sport dan kendaraan komersial L300. Pertimbangan Mitsubishi menambah investasi di Indonesia adalah pesatnya pertumbuhan pasar mobil. ’’Indonesia merupakan pasar penting bagi kami. Begitu pula kualitas produksinya yang baik dan berkualitas,’’ ungkap dia.

Tahap pertama, pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun saat beroperasi pada 2017. Setelah itu, perusahaan menyiapkan proyek tahap kedua dengan kapasitas yang lebih besar mencapai 240.000 unit per tahun. Namun, perseroan belum memerinci waktu direalisasikannya investasi tahap kedua tersebut. ’’Belum ada perhitungan terperinci,’’ kata Isimaki.

Jika pembangunan pabrik terealisasi, Indonesia bakal menjadi basis produksi terbesar Mitsubishi setelah Thailand. Sebagai perbandingan, pabrik Mitsubishi di Thailand berkapasitas 510.000 unit per tahun. ’’Kami melihat pasar MPV sangat besar di Indonesia. Orang Indonesia suka bepergian bersama-sama. Jadi, kendaraannya harus bisa memuat banyak penumpang,’’ jelasnya.

Dua hingga tiga tahun mendatang, penjualan mobil di Indonesia mencapai 1,4 juta–1,5 juta unit. Pasar mobil small MPV bisa menembus 30 persen atau 400 ribu–500 ribu unit. Nah, Mitsubishi punya target merebut 60.000 unit. ’’Meski tahun lalu penjualan otomotif terganggu, ke depan pasarnya terus tumbuh,’’ terang dia.

Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Mitsubishi memajang sejumlah kendaraan andalan. Misalnya, Pajero Sport, Mitsubishi Delica, Strada Triton, dan Mirage. Yang menjadi bintang tentu saja All-New Pajero Sport yang dirilis dua bulan lalu. Sampai saat ini, pesanan All-New Pajero Sport sudah mencapai 7.700 unit. (wir/c14/oki)

Berita Terkait