OSO dan Apersi Peduli Perumahan MBR

OSO dan Apersi Peduli Perumahan MBR

  Rabu, 11 January 2017 09:30
JUNAIDI ABDILLAH

Berita Terkait

JAKARTA --  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat  RI Oesman Sapta Oedang memberikan nasihat kepada Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia 2016-2020 Junaidi Abdillah.  

OSO yang didatangi Junaidi dan rombongan DPP Apersi untuk beraudiensi di Jakarta, kemarin (10/1) mengatakan pada dasarnya apa yang dilakukan Apersi merupakan pekerjaan mulia. Yakni, menyediakan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.  

"Pada prinsipnya itu adalah suatu pekerjaan yang mulia karena dia membangun rumah murah untuk rakyat," kata OSO.

Ketua Umum DPP Partai Hanura itu  mengatakan, memang selama ini masih banyak rakyat kesulitan untuk mendapatkan rumah murah. Karenanya OSO berharap ke depan masyarakat kecil bisa mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan rumah. 

"Saya berharap masyarakat kecil dan berpenghasilan rendah bisa mendapatkan rumah," imbuh OSO. 

Dia pun mengatakan, untuk mewujudkan itu masyarakat juga harus diberikan kemudahan mendapatkan fasilitas kredit.  Menurut OSO, kadang banyak masyarakat yang tidak mampu membayar uang muka pembelian rumah. Padahal, di sisi lain mereka sebenarnya mampu untuk membayar kredit. Hal-hal seperti inilah yang harus diperhatikan pemerintah. Termasuk pula Apersi harus turut memperjuangkannya.  

"Rakyat harus didukung untuk kemudahan mendapatkan fasilitas kredit perumahan," tokoh nasional asal Kalbar ini. 

Junaidi Abdillah mengatakan, masih banyak masyarakat kecil dan berpenghasilan rendah belum bisa mendapatkan akses KPR. Menurutnya, banyak yang dianggap tidak memenuhi syarat yang ditetapkan perbankan. Hal itu disebabkan berbagai hal. Misalnya legalitas usaha, dan sisi pendapatan. "Padahal penghasilan mereka sebenarnya lebih dari cukup. Jadi, perlu perhatian dan formula khusus dari pemerintah," kata Junaidi kepada Pontianak Post, Selasa (10/1). 

Junaidi mengatakan, penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah juga merupakan salah satu upaya mengatasi backlog perumahan. 

Menurut Junaidi, aspirasi ini juga disampaikan kepada OSO yang sangat peduli dengan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah. "Beliau berharap semoga rakyat kecil dan MBR dapat memiliki rumah," kata pria asal Surabaya ini. 

Lebih lanjut Junaidi mengucapkan terima kasih atas berkenannya OSO menjadi Dewan Penasihat DPP Apersi.  "Ini bentuk kehadiran tokoh nasional yang peduli terhadap perumahan masyarakat berpenghasilan rendah. Sangat kami apresiasi," tuntasnya. (ody)

Berita Terkait