Ormas Wajib Lapor Kesbangpol

Ormas Wajib Lapor Kesbangpol

  Jumat, 16 September 2016 10:44
PEMBINAAN: Puluhan Ormas yang sudah terdaftar di Kesbang Pol Kapuas Hulu mengikuti kegiatan pembinaan dari Pemkab Kapuas Hulu. FOTO MUSTA’AN/pontianak post

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Sebagai mitra pemerintah dalam mendukung proses pencapaian pembangunan di daerah, pembinaan terhadap Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sangat penting. Terutama Ormas-Ormas yang sudah terdaftar di Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Setda Kapuas Hulu. Karenanya setiap ormas yang masuk ke Bumi Uncak Kapuas Hulu wajib terdaftar dan melaporkan diri. 

 
“Ormas merupakan mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan. Melalui pertemuan ini saya berharap peran bersama, sebagai kontrol sosial memperpecat pembangunan,” tegas Wabup, ketika membuka kegiatan pembinaan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Kantor Bupati, Kamis (15/9) siang. Karenanya, tiap Ormas yang masuk Kapuas Hulu diwajibkan daftar ke kesbangpol Setda Kapuas Hulu.

Menurut Anton Pamero, pembinaan terhadap Ormas sangat penting, karena secara langsung dan tidak itu berpengaruh terhadap jalannya roda pembangunan.  Apalagi, kata dia belakangan banyak bermunculan pihak yang mengatasnamakan Ormas masuk Kapuas Hulu. Namun tidak terdaftar di Kesbangpol. “Seperti AGRA (Aliansi Gerakan Reforma Agraria), mereka itu tidak ada lapor,” tegasnya.

Agra, kata dia lagi, melaksanakan kegiatan di wilayah Kapuas Hulu tapi tak terdaftar di Kapuas Hulu. “Jangankan mendaftar, memberikan informasi identitas mereka tidak mau, itu salah,” kata Wabup. Untuk itu Wabup mengajak seluruh Oramas yang sudah terdata dan terdaftar di Kesbangpol Kapuas Hulu bersama-sama pemerintah dalam memberikan saran serta masukan yang sifatnya membangun.

Wabup meminta Ormas juga melaksanakan kegiatan sesuai tujuan awal pendiriannya. Dia sangat berharap Ormas bukan hanya sekedar ada nama dan istilah. Tapi menjalankan organisasi dengan baik. Yang terpenting syarat legalitas bahwa sebuah lembaga kemasyarakatan mempunyai badan hukum, memiliki AD/ART dan memiliki sekretariat organisasi yang jelas, demikian program kerjanya.

“Saya minta Kesbangpol memonitor, tempat domisili, identitas dan lainnya setiap Ormas dan setiap pengurus Ormas. Ini membuktikan pemerintah ada,” tegasnya. Ketua panitia kegiatan Pembinaan Ormas, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kapuas Hulu Frans Leonardus menegaskan, hingga disaatini jumlah Ormas yang sudah terdaftar di Kesbangpol Kapuas Hulu berjumlah 73 Ormas.

Pria yang akrab disapa Adus ini menyebutkan, ke 73 Ormas yang sudah terdaftar, memiliki surat keterangan terdaftar di Kesbangpol Kapuas Hulu. Pembinaan Ormas dalam rangka meningkatkan peran Ormas sesuai tujuan awal pembentukan. Selain dalam membantu pemerintah melaksanakan roda pembangunan. Setiap Ormas, wajib melapor setiap kegiatan yang sudah dilaksanakannya.(aan)

Berita Terkait