Organisasi Melayu , Tiga Kecamatan Dikukuhkan

Organisasi Melayu , Tiga Kecamatan Dikukuhkan

  Sabtu, 6 February 2016 09:46
CINDERAMATA: Ketua MABM Tayan Hilir Irwansyah menyerahkan cinderamata kepada Bupati Sanggau disaksikan Raja Sanggau. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU-Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Tayan Hilir resmi dipimpin oleh Irwansyah. Pengukuhan tersebut turut disaksikan oleh Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman didampingi Ibu Ratu Sri Rahmawati, Raja Tayan, Gusti Yusri serta Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang didampingi istri, Ny. Arita Apolina.

Selain itu, pengukuhan juga dilakukan kepada MABM Toba dan Batang Tarang. Kemudian dilanjutkan Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM) dan Majelis Perempuan Melayu (MPM) untuk wilayah Kecamatan Tayan Hilir, Toba dan Batang Tarang. Pengukuhan tersebut dipimpin langsung Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan, Ketua PFKPM Nur Kurniawan dan Ketua MPM Ny Ulfah Sonhaji.

Ketua Panitia, M Khusyairi menyampaikan acara tersebut dirangkai dengan berbagai perlombaan dan permainan rakyat khas Melayu dan pentas seni yang dilaksanakan selama lima hari.  “Berbagai perlombaan pada pentas seni dan permainan rakyat, merupakan upaya untuk menggali khasanah budaya Melayu,” ujar dia. Ketua DPC MABM Tayan Hilir, Irwansyah mengatakan akan segera menyusun rencana program kerja lima tahun kedepan. Ada beberapa hal yang sangat menjadi prioritasnya. “Langkah pertama yang akan kami tempuh adalah membentuk kepengurusan hingga di tingkat desa,” katanya.

Upaya ini, kata dia, merupakan langkah ‘mengakarkan’ MABM dihati masyarakat Kecamatan Tayan Hilir. “Orang melayu harus semangat dalam segala hal. Kita bisa, jika mau berusaha. Pada prinsipnya MABM siap bergandengan tangan dengan siapa saja dalam mendukung pembangunan di Kecamatan Tayan Hilir khususnya dan Kabupaten Sanggau secara umum,” terangnya.Raja Tayan, Penembahan Anom Paku Negara, Gusti Yusri mengharapkan masyarakat melayu di Tayan, Toba dan Batang Tarang harus bangga dan mau menjaga kelestarian seni budaya yang dimiliki. Hal senada juga diamini oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman. Arman berpesan agar MABM di Kecamatan Tayan Hilir, Toba dan Batang Tarang dapat memajukan marwah.

Dia juga mengingatkan para pengurus yang dikukuhkan untuk menghidupkan organisasi MABM ini dengan terus melakukan aktivitas yang positif.  “Saya minta pengurus MABM Kecamatan dapat merangkul, memperkuat silaturahim dan serta menjalin komunikasi dengan pemerintah kecamatan serta organisasi budaya yang ada agar tercipta keamanan, persaudaraan dan kesatuan gerak dalam membangun daerah,” harapnya belum lama ini.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi sangat menyambut positif terbentuknya MABM Kecamatan Tayan Hilir, Toba dan Batang Tarang. “Wadah seperti ini, akan menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan daerah. Semoga MABM di tiga kecamatan ini dapat berkiprah nyata untuk masyarakat,” katanya.Kekompakan, lanjut Paolus, sangat penting demi menjaga eksistensi serta mencapai cita-cita organisasi. Jika internal pengurus tidak bersatu padu, maka akan sulit menjalankan amanah yang dipercayakan. “ Pengurus harus bersatu padu demi menjaga marwah MABM,” tegasnya. (sgg)

 

Berita Terkait