Orang Tua Korban Lapor Polisi

Orang Tua Korban Lapor Polisi

  Sabtu, 9 December 2017 10:00
Kasus Siswi Melahirkan di Toilet

Berita Terkait

MEMPAWAH - Pelajar setingkat SMP di Mempawah yang melahirkan bayi di toilet rumah, resmi membuat laporan polisi. Laporan disampaikan langsung orang tua siswi itu ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Mempawah, Kamis (7/12). Menindaklanjuti laporan itu, PPA segera melakukan penyelidikan.
Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.Ik melalui Panit PPA Polres Mempawah, Ipda Amad Dasroni mengungkapkan laporan polisi yang telah dilayangkan pihak keluarga yang disampaikan langsung orang tuanya. Laporan tersebut tercatat dengan nomor polisi LP/B/291/XII/17 tanggal 7 Desember 2017.
Kepada polisi, pihak keluarga menyampaikan laporan atas dugaan persetubuhan dengan anak dibawah umur yang dialami oleh korban yang saat ini masih duduk dibangku sekolah setara SMP itu. Berdasarkan laporan tersebut, maka Unit PPA Polres Mempawah langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan.
 “Kemarin, pihak keluarga sudah membuat laporan secara resmi atas kasus yang dialami oleh korban. Laporan disampaikan langsung oleh bapak korban,” kata Amad dikonfirmasi Pontianak Post, Jumat (8/12) pagi.
Amad memastikan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan prosedur dan mekanisme proses hukum yang berlaku. Yakni dengan melaksanakan penyelidikan guna mengumpulkan data dan bukti-bukti yang diperlukan dalam penegakn hukum kasus yang menghebohkan masyarakat Mempawah itu.
 “Intinya kita pelajari dulu laporan ini. Setelah itu, kami akan melakukan penyelidikan dilapangan,” tuturnya.
Dalam proses penyelidikan tersebut, terang Amad, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap korban, saksi-saksi dan pihak terkait lain yang mengetahui kasus tersebut. Termasuk pula melakukan visum terhadap korban sebagai pelengkap alat bukti dalam penegakan proses hukum yang akan dilaksanakannya.
 “Setelah pihak-pihak terkait ini kita periksa dan dimintai keterangan, maka akan mengarah pada kasus yang dialami korban. Kita akan kumpulkan data penyebab dan kronologis hingga korban ini bisa melahirkan di usianya yang masih berstatus pelajar,” sebutnya.
Untuk itu, dirinya menghimbau semua pihak terurama keluarga korban agar menahan diri dan menyerahkan proses penegakan hukum dalam kasus ini kepada kepolisian. Agar hukum dapat ditegakan dan pelaku dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai mekanisme hukum yang berlaku.
 “Nanti setelah terkumpul data dan bukti yang kuat barulah kita bisa menetapkan siapa tersangka dalam kasus ini. Maka, kami minta semua pihak untuk kooperatif membantu polisi dalam mengumpulkan alat bukti dan keterangan dalam mengungkap fakta dibalik kasus ini,” serunya mengakhiri.
Seperti diberikan Pontianak Post sebelumnya, masyarakat Mempawah dan sekitarnya dihebohkan dengan kasus seorang pelajar setingkat SMP yang diketahui melahirkan di toilet rumahnya pada Rabu (6/12) sekitar pukul 01.00 dini hari. Korban yang kabarkan melahirkan bayi perempuan itu dalam kondisi selamat dan dirawat dikediamannya.(wah)

Berita Terkait