Optimistis Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Optimistis Tingkatkan Produktivitas Pertanian

  Selasa, 20 September 2016 10:03
Istimewa TANAM PADI: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat menanam padi bersama warga Kubu Raya belum lama ini

Berita Terkait

KUBU RAYA –  Bupati Kubu Raya, Rusman Ali optimistis jika pengembangan sektor pertanian di Kubu Raya bisa maksimal dilakukan lantaran kabupaten tersebut memiliki potensi sumberdaya pertanian yang berlimpah. 

“Potensi yang cukup besar dari bidang pertanian ini merupakan modal awal bagi masyarakat Kubu Raya dalam meningkatan produksi komoditas strategis terutama padi, Jagung, kedelai, cabai, daging, gula, buah-buahan dan juga komoditas perkebunan dan peternakan, serta perikanan lainnya,” kata Rusman Ali usai memimpin upacara peringatan Hari Krida Pertanian di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya Senin (18/9). 

Tema Hari Krida Pertanian tahun ini yaitu Dengan Semangat Hari Krida Pertanian Kita Tingkatkan Produksi Pangan Dan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal Menuju Kemandirian Dan Kedaulatan Pangan.

Mengcu pada peringatan hari krida pertanian kali ini mengandung makna bahwa sebagai bangsa yang bermartabat, Kabupaten Kubu Raya harus mampu mandiri di bidang pangan. Kekuatan potensi sumberdaya pertanian harus mampu dikembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan.

“Hakikat peringatan Hari Krida Pertanian adalah momentum untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemberi, atas semua rahmat dan karuniaNya yang dilimpahkan pada rakyat selama ini. Dengan harapan semoga pada tahun-tahun mendatang, usaha pertanian kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan karuniaNya yang lebih besar, yaitu terwujudnya Kedaulatan Pangan dan kesejahteraan petani,” kata Rusman Ali.

Hari Krida Pertanian juga menjadi wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian, yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi seluruh rakyat dan menghasilkan berbagai komoditas produk pertanian. Selain itu,  hal ini juga dimaknai sebagai momentum untuk mawas diri semua insan pertanian untuk introspeksi terhadap semua kekurangan dan kesalahan, serta mengupayakan perbaikan dan peningkatan di masa mendatang.

Dalam kesempatan itu Rusman Ali mengajak seluruh komponen pelaku pertanian agar berupaya sekuat tenaga bekerja keras meningkatkan produksi pangan pokok untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal dan nasional.

Kebijakan kedaulatan pangan tersebut telah dicanangkan dalam amanat Undang-Undang Nomr 18 tahun 2012 tentang Pangan, dengan memberikan kepastian bahwa Kedaulatan Pangan merupakan hak negara dan bangsa dalam menentukan kebijakan pangan secara mandiri menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal. (ash) 

Berita Terkait