Optimis Akan Lebih Variatif

Optimis Akan Lebih Variatif

  Rabu, 4 January 2017 09:30
Arbian Octora, Musisi

Berita Terkait

Sepertinya nggak hanya kamu aja yang belum bisa move on dari doi, tampaknya aliran musik rap juga masih belum bisa move on dari dunia musik Indonesia. Semenjak kedatangan beberapa rapper muda yang penuh dengan kontroversi, rap kembali viral di Indonesia. Tak hanya rap, tampaknya ska dan mid west emo juga ikut meramaikan dunia musik.

How about Pontianak? Sepertinya ruang dengar Pontianak tengah dilanda musik bertema pop akustik yang liriknya berisi curahan hati seperti lagunya “Amira” by Cofternoon. Selain itu ada aliran folks pop seperti yang dipilih oleh band Manjakani di beberapa lagunya. Pastinya, beberapa aliran musik tersebut menguras perasaan kita saat mendengarkannya.

Langsung kita tanya aja sama Arbian Octora. Cowok yang kerap disapa Bian ini adalah salah satu musisi Pontianak yang sudah aktif ngeband sejak tahun 1996 hingga sekarang. Bagi bassist Sidepony ini, bermusik sudah menjadi bagian hidup yang nggak akan pernah dilepaskannya. So, udah pasti doi juga hobi mengamati tema musik dari tahun ke tahun.

Menanggapi beberapa aliran musik yang diperkirakan akan booming di tahun 2017 seperti ska, rap dan mid west emo, Bian berpendapat bahwa bisa saja aliran itu berimbas pada band-band di Pontianak. Di Pontianak belum ada band aktif beraliran ska. Pergerakan musik Pontianak lebih banyak memilih tema pop akustik, folk, rock, grunge, punk rock, hardcore, hip hop dan metal. Tak menutup kemungkinan bakalan banyak band yang bikin aliran musiknya ska. Ini juga tak lepas dari masyarakat Pontianak yang mudah menerima segala jenis aliran musik, walau pun tak jarang yang hanya ‘demam’ sesaat.

Selera musik seseorang emang berbeda. Entah itu karena komposisi liriknya yang pas di hati atau ritme musiknya yang menarik. Tahun 2017 sendiri, Bian yakin akan banyak band baru yang akan merilis karyanya dengan aliran yang lebih variatif. Yang jelas apa pun aliran musik yang dipilih, Bian berpesan untuk terus berkarya senyaman mungkin dan jangan pernah takut untuk menyebarluaskan hasil karya tersebut. (dee)

Berita Terkait