Operasi Tangkap Tangan, Polisi Tahan Tiga Tersangka

Operasi Tangkap Tangan, Polisi Tahan Tiga Tersangka

  Senin, 19 December 2016 15:36
Ilustrasi

Berita Terkait

PONTIANAK- Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menahan tiga tersangka terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Satgas Saber Pungli Polda Kalbar, Sabtu (17/12) siang.

Ketiga tersangka yang ditahan Polda Kalbar diantaranya Januar, Janiardi dan Beri, yang masing-masing mandor pelabuhan dwikora pontianak, mandor koperasi TKBM unit RD dan buruh bongkar muat.

Selain menahan tiga tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa uang sebesar kurang lebih Rp 4.800.000, dan sejumlah dokumen, diantaranya stampel, surat penarikan peti kemas, kwitansi, register pembayaran dan lain-lain.

Kabid Humas Polda Kalbar Suhadi mengatakan, Operasi Tangan Tangan (OTT) ini dilakukan setalah satgas Saber Pungli menerima laporan dari masyarakat bahwa sering terjadi pemerasan terhadap perusahaan jasa ekspedisi muatan kapal laut di Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Menindaklajuti laporan itu, tim satgas Saber Pungli melakukan operasi tangkap tangan terhadap sejumlah orang yang diduga merupakan karyawan Koperasi  Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) unit RD sekitar pukul 12.30 wib, di salah satu warung kopi di Jalan Komyos Sudarso, Pontianak Barat.

"Disana ditemukan seseorang yang mengaku karyawan perusahaan jasa impor menyerahkan uang sebesar kurang lebih Rp 4.800.000 kepada tersangka. Kemudian langsung dilakukan operasi tangkap tangan," kata Suhadi kepada Pontianak Post, kemarin.

Dikatakan Suhadi, berdasarkan pemeriksaan, uang tersebut dibayarkan kepada mandor untuk memperlacar keluarnya barang dari pelabuhan.

"Kalau tidak membayar, maka barang tidak bisa keluar dari pelabuhan," katanya.

Padahal, lanjut Suhadi, perusahaan tersebut sebelumnya juga telah membayar  jasa bongkar muat ke pelabuhan, dengan rincian biaya, untuk kontainer besar sebesar Rp 1.600.000. Sedangkan kontener kecil sebesar Rp 1.300.000.

"Diluar dari biaya pelabuhan itu, ternyata pihak mandor kembali memungut biaya bongkar muat, yang masing-masing untuk kontainer besar 500 ribu dan kontainer kecil 300 ribu. Bayangkan saja, di pelabuhan itu ada berapa ribu kontainer? berarti besar ini" katanya.

Berita Terkait