Operasi Ramadhaniyah Kapuas Dimulai

Operasi Ramadhaniyah Kapuas Dimulai

  Jumat, 1 July 2016 09:30
GELAR PASUKAN : Bupati Kapuas Hulu pada upacara gelar pasukan Operasi Ramadhaniyah Kapuas 2016 di halaman Mapolres Kapuas Hulu kemarin. FOTO MUSTA’AN

Berita Terkait

PUTUSSIBAU — Menyambut perayaan hari Raya Idul Fitri 1437 H. Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu, Kamis (30/6) menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Ramadhaniyah Kapuas 2016 di halaman Mapolres Kapuas Hulu. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, sekaligus membacakan amanat Kapolri. Dengan adanya operasi ini diharapkan tercipta kondisi yang kondusif.

Operasi Ramadhaniya Kapuas 2016 bertujuan untuk mengecek persiapan seluruh personil baik Polri dan unsur terkait lainnya yang terlibat langsung mengamankan Hari Raya Idul Fitri. Nasir berharap, melalui kegiatan ini, diharapkan operasi yang telah dipersiapakan dapat menciptakan daerah Kapuas Hulu yang aman dan kondusif, sehingga perayaan Hari Raya Idul Fitri bisa berjalan aman dan lancar.

Dikatakan, mudik merupakan budaya yang selalu dilakukan masyarakat menyambut har-hari besar keagamaan. Bukan hanya perayaan Idul Fitri saja, tapi hari besar keagamaan lain. Dengan demikian otomatis aktivitas masyarakat meningkat. “Peningkatan aktivitas masyarakat harus dikelola dengan baik, sehingga Kamtibmas daerah terwujud, oleh karenanya perlu pengamanan,” kata Politisi PPP ini.

Tahun ini diperkirakan puncak arus mudik dengan moda transportasi darat diperkirakan H-4 dan arus balik H+2,” ujar dia. Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas jelang mudik, maka harus dilakukan langkah preventif dan sinergisitas dengan pihak terkait. Selain kecelakaan lalulintas, saat arus mudik sering terjadi kerawanan curat, curas, curanmor hingga tauran, ini harus diantisipasi sedini mungkin.

Tak hanya itu, kata Nasir, penyalahgunaan narkoba dan aksi kriminalitas lainnya serta bencana alam dan kebakaran. Dalam menjamin keamanan masyarakat, Polri didukung oleh instansi terkait telah berusaha merealisasikan Operasi Ramadhaniya dengan optimal. Selain itu, kata dia, sasaran Operasi Ramadhaniya yakni pengamanan tempat sholat dan terminal, bandara serta tempat-tempat lainnya.

Dengan demikian, kata dia, terwujud rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.  Terjaminnya kenyamanan transportasi dan distribusi bahan pokok guna untuk menghindari kekhawatiran masyarakat atas lonjakan. Maka harus ada koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi persoalan tersebut. “Mesti ada koordinasi intensif dari stakeholder,” katanya.

Nasir berharap, aparat yang melaksanakan tugas harus penuh dengan tanggungjawab, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas, selain itu mempersiapkan kondisi mental yang baik untuk senantiasa melaksanakan pelayanan prima. “Persiapkan dengan baik seluruh perisapan untuk mendukung susksesnya operasi Ramadhaniya. Laksanakan dengan tulus,” pintanya.

Dalam melayani masyarakat harus dengan penampilan yang humanis dan hindari sikap keseweangan dan arogansi. “Jangan kasar dan arogan melayani masyarakat,” kata dia. Hadir dalam apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Kapuas 2016, dari jajaran TNI, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kapuas Hulu,unsur pimpinan dan sfat SKPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu serta dari jajaran Pol PP.(aan)

Berita Terkait