Operasi Patuh Kapuas Dimulai

Operasi Patuh Kapuas Dimulai

  Selasa, 17 May 2016 10:58
CEK PERSONEL: Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin mengecek kesiapan pasukan saat apel gelar pasukan Operasi Patuh 2016 di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Senin (16/5). MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu kembali menggelar operasi. Kali ini yang digelar mereka adalah Operasi Patuh Kapuas 2016 yang dimulai kemarin (16/5) hingga 30 Mei mendatang.

Operasi ini sendiri melibatkan 30 personel Polri dan melibatkan instansi terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan, serta Satuan Kepolisian Pamong Praja. Operasi yang berlangsung dua pekan ini berkaitan dengan kepatuhan masyarakat dalam berkendara.

Kepala Polres (Kapolres) Kapuas Hulu AKBP Sudarmin mengungkapkan jika sasaran dari operasi mereka kali ini ialah berkaitan dengan kepatuhan masyarakat dalam berkendara. “Sasaran pertama ialah kemacetan. Bagaimana kami bisa mengatasi  daerah macet menjadi tidak macet lagi?" katanya usai melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh 2016 di Mapolres Kapuas Hulu, Senin (16/5) pagi.

Sudarmin menyayangkan begitu banyaknya pelanggaran lalu lintas yang selama ini terjadi di kabupaten ini. Dia berharap dengan adanya operasi patuh kali ini, tidak ada lagi pelanggaran, minimal berkurang. Dia mencontohkan pelanggaran yang ada berupa penggunakan knalpot racing yang sering menganggu kenyamanan masyarakat. “Menggunakan knalpot racing, menggangu kenyamanan orang lain, jelas itu melanggar," ungkap Kapolres.

Saasaran berikutnya dalam operasi mereka kali ini ialah kendaraan yang tidak memiliki surat yang sah. Kemudian, mereka juga akan membidik penggunaan kendaraan yang melebihi kapasitasnya, seperti satu sepeda motor ditunggangi tiga orang. "Karena ini penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas," ungkapnya. 

Untuk itu dia berharap dalam Operasi Patuh Kapuas tahun ini dapat mengurangi pelanggaran berlalu lintas.

Pada kesempatan yang sama, Iptu Kamto, kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kapuas Hulu, mengungkapkan, ada beberapa titik yang akan dilaksanakan Operasi Patuh. Di antaranya, disebutkan dia, Jalan DI Panjaitan, Jalan Komyos Sudarso, Jalan A Yani, dan Jalan Lintas Selatan. "Kami memang ada target dari Polda Kalbar untuk preentif sebanyak 259 kasus, preventif 330, represif 396 bentuk tilang, dan teguran 108," ungkapnya.

Kamto berharap operasi tahun  ini mengurangi angka kecelakaan minimal 10 persen. "Syukur tahun kemarin (2015) kami tidak ada menangani kecelakaan sampai meninggal," ucapnya. 

Sebelum Operasi Patuh Kapuas ini dilaksanakan, jajaran Satlantas Polres Kapuas Hulu sudah menyampaikan imbauan, dengan pemasangan spanduk di dua titik, di antaranya di simpang empat Melapi dan Tugu Pancasia.(aan) 

Berita Terkait